Air Terjun Terbesar di Pagaralam Ditemukan

PAGARALAM–MICOM: Air terjun terbesar di Kota Pagaralam, Sumatera Selatan, ditemukan warga di Dusun Muara Tenang, Kelurahan Perahu Dipo, Kecamatan Pagaralam Selatan, dengan ketinggian 100 meter dan lebar 20 meter.

Warga memberi nama air terjun itu ‘Ayek Kaghang’. Lokasinya berada sekitar dua kilometer dari pemukiman penduduk setempat atau sekitar 15 kilometer dari pusat Kota Pagaralam. Air terjun ini masih sangat alami, di sekitarnya masih banyak terdapat pohon kayu besar dan sekitar alirannya dapat ditemukan lumut berwarna hijau.

“Memang cukup banyak sudah ditemukan air terjun, namun yang paling indah dan besar baru di Kelurahan Perahu Depo, Kecamatan Dempo Selatan ini,” kata Anang, salah seorang warga setempat.

Ia mengatakan, untuk menuju lokasi air terjun memang harus melewati hutan belantara dan alur sungai sehingga butuh waktu sekitar dua jam baru sampai di lokasi. Karena baru ditemukan, kata dia, air terjun ini belum memiliki jalan akses dan kemudian di sekitarnya masih dikelilingi hutan lebat dan bukit terjal.

Masih cukup banyak tumbuh-tumbuhan alami di sekitar air terjun seperti keladi, rumput gajah dan beberapa jenis kayu yang biasanya hidup di kawasan hutan lindung.

Menurut Anang, keindahan pesona alam ini semakin terasa saat air yang jatuh berwarna putih menghempas bebatuan sehingga menimbulkan embun dan percikan yang begitu terasa sejuk bila menyentuh badan.

Hal senada juga diungkapkan Irik warga lainnya, air terjun Ayek Kaghang tersebut sangat indah dan masih alami, namun kondisi jalan menuju lokasi sangat terjal dan melewati tebing curam sehingga warga jarang mendatanginya.

“Mengingat masih berada di kawasan hutan alami, maka ada kesan air terjun itu sedikit angker, sehingga warga sangat jarang mengujunginya,” ungkap Anang.

“Mengingat akses jalan menuju air terjun Ayek Kaghang tersebut belum ada, kami mengharapkan kepada pemerintah untuk membangun akses jalan menuju kelokasi ini. Dengan dikembangkanya air terjun tersebut mungkin dapat meninkatkan pariwisata di Pagaralam ini,” ujar Anang.

Kepala Dinas Pariwisata dan Seni Budaya, Kota Pagaralam Safrudin, mengatakan, memang sudah banyak ditemukan air terjun di Pagaralam setidaknya pada 32 lokasi dan penemuan yang memiliki luas 20 meter itu tentunya cukup luar biasa dan merupakan air terjun terbesar di Pagaralam.

“Penemuan ini tentunya akan menambah koleksi lokasi wisata air terjun dan ke depan akan menjadi proritas bagi pemerintah untuk melakukan pembangunan jalan akses menuju lokasi wisata itu,” ungkap dia pula. (Ant/wt/OL-01)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s