Potensi Emas di Sultra Rp337 Ribu Triliun

JAKARTA–MICOM:Pengelolaan emas di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) berpotensi menyumbang perekonomian nasional sebesar Rp337.000 triliun, kata Gubernur Sulawesi Tenggara Nur Alam.

“Potensi ekonomi kita dari potensi rekaan emas mencapai Rp337.000 triliun,” kata Nur Alam setelah melaporkan percepatan pembangunan Provinsi Sulawesi Tenggara kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (20/1).

Nur Alam menjelaskan, potensi itu berdasarkan perhitungan potensi produksi emas di Sulawesi Tenggara yang mencapai 1.125.000 ton, dengan harga jual mencapai Rp300.000 per gram.

Menurut Nur Alam, potensi sumbangan Sulawesi Tenggara akan makin tinggi jika pemerintah mengembangkan produksi nikel dan aspal. Dia menjelaskan, potensi nikel di Sulawesi Tenggara mencapai 97 miliar ton.

Dari jumlah itu, 30 persen diantaranya bisa dikembangkan menjadi bijih nikel dengan nilai ekonomi sebesar Rp48.341 triliun.

Sementara itu, potensi aspal mencapai 3,8 miliar ton. “Atau dapat digunakan untuk kepentingan aspal dalam negeri sampai 200 tahun yang akan datang,” kata Nur Alam.

Nur Alam mengatakan, pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara berniat mengembangkan produksi tiga jenis mineral itu secara terintegrasi. Pengelolaan yang terintegrasi itu diharapkan bisa meningkatkan nilai tambah bagi masyarakat dan mendongkrak penerimaan negara. (Ant/OL-2)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s