Bea Masuk 57 Pos Tarif Produk Pangan Dihapus

Dalam rangka menjaga kestabilan harga pangan di dalam negeri, pemerintah akan menghapus bea masuk 57 pos tarif produk-produk pangan dan bahan baku pangan.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu usai rapat koordinasi pangan di kantor Menko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Kamis (20/1/2011).

Mari mengatakan, 57 pos tarif yang dihapus bea masuknya mencangkup produk gandum, kedelai, bahan baku pakan ternak, dan pupuk.

Pemerintah juga menunda selama setahun pemberlakuanPeraturan Menteri Keuangan (PMK) No.241 Tahun 2010tentang Penetapan sistem klasifikasi barang dan pembebanan tarif dan bea masuk atas barang impor. Karena banyak diprotes kalangan pengusaha, belum lagi situasi krisis pangan saat ini.

“Semuanya ditunda selama satu tahun selama berlakunya PMK tersebut. Besok keluar PMK-nya,” ujar Mari.

Di tempat yang sama, Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan penghapusan bea masuk 57 pos tarif dan penundaan pelaksanaan PMK No 241 ini dilakukan dalam upaya pemerintah menekan harga pangan yang sangat tinggi.

“Kalau PMK 241 ini sebenarnya berlaku sejak 2005 kemudian ditunda. Lalu 2010 diberlakukan, namun ternyata 2010 kondisi tidak lebih baik dari sebelumnya,” tukas Hatta. Rencananya aturan pembebasan bea masuk ini akan diterbitkan dalam bentuk PMK besok. (hen/dnl)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s