Gubernur Jambi Tolak Investor Batu Bara PT Reliance

JAMBI–MICOM: Gubernur Jambi Hasan Basri Agus di Jambi, Rabu (19/1), menolak tawaran kerja sama pembangunan pelabuhan batu bara dari PT Relaince, pengusaha dari India.

Penolakan itu karena sebelumnya Gubernur sudah menandatangani kontrak kerja sama dengan pengusaha India lainnya yakni PT Synco Global untuk membangun pelabuhan tersebut di Tanjung Jabung Timur.

“Mereka menawarkan untuk membangun pelabuhan batu bara juga di Tanjabtim. Tapi, kami kan sudah sepakat dengan PT Synco Global untuk membangunnya. Jadi, tidak mungkin saya terima, nanti tumpang tindih. PT Sinco Global juga pasti tidak mau,” kata Gubernur seusai menghadiri ekspose PT Relaince di rumah dinas Gubernur, Rabu.

Gubernur mengaku baru pertama kali bertemu dengan pengusaha tersebut. Pengusaha tersebut menginginkan membangun pelabuhan di Tanjabtim karena mereka mempunyai usaha batu bara di Muara Enim (Sumsel). Mereka berkeinginan membawa batu bara tersebut dari Muara Enim ke pelabuhan Tanjabtim melalui jalur kereta api untuk dibawa ke India.

“Kami harus menjaga komitmen dengan investor. Saya tidak mau nantinya kepercayaan investor hilang gara-gara kami tidak komit. Bagaimana pengusaha lain mau masuk?” katanya.

Namun, Gubernur menyetujui jika PT Relaince itu ingin membangun rel kereta api. Meskipun PT Relaince itu sempat meragukan pembangunan rel kereta itu, akhirnya mereka setuju juga. Investor itu yang akan membangun rel kereta api dari Musirawas, Sulsel, sampai ke Muara Sabak, Jambi.

“Nota kesepahamannya akan kami tanda tangani 25 Januari nanti di India. Saya akan berangkat bersama Pak Presiden RI Susilo Bambang Yudoyono (SBY) pada 23 Januari nanti,” kata Gubernur. (Ant/OL-5)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s