Anggaran Provinsi Papua dan Papua Barat Tertulis Sama, SBY Minta Klarifikasi

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memimpin rapat paripurna kabinet di Kantor Presiden. Rapat kabinet membahas perkembangan pembangunan di 3 provinsi timur Indonesia yakni Provinsi Papua, Papua Barat dan Sulawesi Tenggara.

Dalam sambutannya sebelum memimpin sidang, SBY mengatakan anggaran untuk dua provinsi di Papua saat ini telah ditingkatkan. “Khusus untuk Papua, APBN kita juga tingkatkan anggaran di kedua provinsi itu. Contoh tahun 2009, untuk Papua Barat kita anggarkan Rp 7,16 triliun. Papua Rp 16 triliun. Ini sama dengan Rp 23,6 triliun,” kata SBY.

SBY menjelaskan,  angka penerimaan pemerintah dari PT Freeport sebesar Rp 10,2 triliun, sehingga pada 2010, pemerintah menganggarkan tambahan sebesar Rp 6 triliun.

“Tahun  2010 angka berubah kita terima Rp 14,4 triliun (dari Freeport). Sedangkan spending kita untuk Papua Barat naik Rp 8,1 triliun, Papua Rp 19,8 triliun. Ini lompatan cukup tinggi sehingga tahun ini kita anggarkan Rp 20,63 triliun untuk Papua barat dan Papua Rp 20,63 triliun,” papar SBY.

Tapi kemudian SBY mempertaanyakan apa yang telah dibacanya itu. Dia heran anggaran Papua dan Papua Barat tahun 2011 sama persis yakni Rp 20,63 triliun. “Coba tolong dicek akurasinya ini. Ini angka yang besar, sehingga kita harus akurasikan apa yang dilakukan pusat dan daerah,” pintanya.

Jumlah tersebut menurut SBY sangatlah besar.  Sehingga harus diakurasikan apa yang dilakukan pusat dan daerah. “Kita ingin pastikan rencana ke daerah, untuk pastikan pembangunannya, serta berbagai kendala karena mereka yang tahu, karena
sinergi itu harus berjalan dengan baik.”

Pemerintah, menurut SBY, berkomitmen untuk lebih memperhatikan kepada daerah-daerah yang memerlukan resources atau anggaran untuk percepat pembangunannya.

“Disebut-sebut wilayah di provinsi timur Indonesia dan wilayah tengah Indonesia. Karena mereka memiliki ragam persoalan yang berbeda. Sudah pada saatnya apa yang menjadi rencana dari daerah itu sendiri kita sukseskan dengan pastikan kolaborasi pembangunan itu berjalan dengan baik,” imbuhnya.

Iklan

One response to “Anggaran Provinsi Papua dan Papua Barat Tertulis Sama, SBY Minta Klarifikasi

  1. Mohon Kepada seluruh pimpinan daerah dan Pusat dimana berbicara tentang pembangunan, dan kesejahtraan STOP, strigma berdasarkan kepentingan harap mohon tidak usah di bahas lagi. Karena, kepentingan siapa lagi membahas dana tersebut? Sebab, Otsus sudah GAGAL.. MERDEkA HARGA MATI….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s