Sulteng Salurkan 4.000 Bibit Sapi

PALU–MICOM: Dinas Peternakan Provinsi Sulawesi Tengah pada 2011 akan menyalurkan bibit sapi Bali sebanyak 4.000 ekor kepada masyarakat daerah setempat.

“Semua bibit sapi dibeli dari Balai Pembibitan Sapi Bali di Sulsel,” kata Kepala Dinas Peternakan Sulteng Abdul Halim Mada’ali, di Palu, Senin (17/1).

Ia mengatakan penyaluran bibit sapi dilakukan melalui kelompok usaha ternak yang tersebar di setiap kabupaten dan kota di provinsi ini.

Untuk pengembangan ternak sapi di Sulteng, pemerintah daerah telah menyiapkan areal seluas 130.000 hektare untuk dijadikan lahal pengembalaan ternak.

Menurut dia, jika bibit-bibit sapi yang telah dibagikan kepada masyarakat dapat dikembangkan dengan bagus, sebelum tahun 2014 Sulteng telah mencapai swasembada daging.

Program pemerintah pusat menargetkan paling lambat 2014 sudah mencapai swasembada daging. “Tapi Sulteng sebelum 2014 diharapkan sudah swasembada daging,” katanya.

Dalam kurun tiga tahun terakhir ini, Sulteng berhasil meningkatkan populasi ternak sapi. Pada tahun 2008 populasi ternak sapi baru sekitar 197 ribu ekor, meningkat menjadi 205 ekor (2009), dan 2010, tingkat populasi sudah mencapai 210.000 ekor atau naik sekitar 2,3 persen dari sebelumnya.

Sementara tingkat populasi ternak sapi yang ditargetkan pemerintah
Sulteng sampai dengan tahun 2014 sebanyak 217 ribu ekor.

Mada’ali menambahkan kebutuhan daging sapi untuk konsumsi masyarakat Sulteng setiap tahunnya mencapai 29 ribu ekor. Kebutuhan ternak sebanyak itu, seluruhnya dipasok peternak di Sulteng.

Sulteng sampai saat ini tidak lagi memasok ternak sapi potong dari luar daerah, sebab untuk kebutuhan daging masyarakat, seluruhnya sudah bisa dipenuhi sendiri.

Bahkan, sabaliknya, Sulteng justru setiap tahun mengirim ternak sapi potong rata-rata 11.000 ekor ke Kaltim dan Gorontalo. Kaltim dan Gorontalo selama ini menjadi daerah tujuan utama pemasaran ternak sapi potong Sulteng. Harga daging sapi di pasaran Kota Palu saat ini berkisar Rp60 ribu/kg. (Ant/Ol-3)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s