Pelabuhan Dumai Pengekspor CPO Terbesar

DUMAI–MICOM: Eksor crude palm oil (CPO) 2010 menembus angka penjualan US$5,521 miliar sehingga Pelabuhan Dumai tercatat sebagai pengekspor minyak kelapa sawit terbesar nasional.

Kepala Seksi Perdagangan Luar Negeri di Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Dumai Ridwan Gultom di Dumai, Selasa (18/1), mengatakan pelabuhan itu pengekspor terbesar di Indonesia.

Menurutnya, pencapaian sebagai pelabuhan pengekspor CPO terbesar se-Indonesia itu juga disebabkan grafik angka penjualan Pelabuhan Dumai terus mengalami peningkatan signifikan. “Pelabuhan Dumai dicap sebagai pengekspor CPO terbesar di Indonesia karena peningkatan angka penjualannya yang signifikan setiap tahun,” katanya.

Sebagai contoh, pada 2010 lebih 24% dari tahun sebelumnya (2009) yang hanya meraup angka US$4,059 miliar. Angka itu sangat besar bila dibandingkan dengan pelabuhan pengekspor CPO lainnya di Indonesia.

Tonase CPO pada 2009 dan 2010, kata Gultom, mengalami fluktuasi dengan angka 7.807.475,627 ton di 2009 dan 7.534.751,452 ton pada 2010.

“Prestasi Pelabuhan Dumai ini membuat sejumlah investor asing sangat ingin melakukan penanaman modal di Dumai khususnya pada saham pengeksporan CPO,” ungkapnya. (Ant/OL-01)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s