Dua Pejabat Pemkot Batam Ditahan

Dua pejabat Pemkot Batam, yaitu Kabag Keuangan Pemkot Batam Erwinta dan Bendahara Raja Abdul Haris, ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Negeri Batam, keduanya diduga melakukan penyelewengan dana Bansos.

“Benar, mereka telah kami tahan, dan saat ini berada di tahanan rutan Baloi, Kecamatan Batam Kota, Batam. Penahanan ini dilakukan guna memeriksa secara intensif kedua tersangka tersebut,” kata Kepala Kejaksaan Negeri Batam Ade E Adyaksa, kepada <i>Media Indonesia, Selas (18/1).

Keduanya ditahan pada Senin (17/1) malam. Sebelumnya, mereka menjalani pemeriksaan di Kejari Batam. Ada sekitar 10 pertanyaan yang dicecar oleh penyidik. Padahal, keduanya sudah sering diminta keterangannya atas dugaan penyelewengan dana tersebut.

Akan tetapi, Ade tidak dapat menjelaskan secara rinci berapa besar nilai kerugian negara atas kasus tersebut. Sebab, katanya, hal itu masih dalam penyelidikan lebih lanjut. “Nanti saja, belum selesai. Kami masih menyelidiki lebih lanjut. Untuk saat ini itu saja dulu,” tukasnya.

Menurut dia, setelah diperiksa secara maraton tepat pada Senin pukul 22.05 WIB. Erwinta dan Abdul resmi ditahan. Kedua tersangka terlihat bingung, tidak ada sepatah kata pun keluar dari mulut mereka.

Di tempat terpisah, kuasa hukum kedua tersangka itu Bambang Yulianto mengatakan bahwa kliennya memang telah ditahan, namun, katanya, kliennya tetap kooperatif memberikan penjelasan kepada penyidik. “Keduanya dalam kondisi baik. Setelah diperiksa mereka langsung ditahan,” ujarnya.

Sementara, humas Pemkot Batam belum memberikan keterangan resmi soal penahan kedua pejabat tersebut. Akibat penahanan tersebut, banyak PNS di kalangan Pemkot Batam tidak masuk kerja. Mereka khawatir jika ada pemeriksaan lanjutan terhadap mereka yang terlibat.

“Sepi, biasanya jalan ke Pemkot Batam penuh sesak oleh mobil-mobil dinas pegawai. Tapi hari ini tidak seperti biasanya. Mungkin akibat penahanan salah seorang pejabat,” kata Saimin salah seorang Satpol PP di kantor Pemkot Batam. (*/OL-11)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s