200 Koperasi di Minahasa Utara Dapat Perhatian Khusus

TRIBUNMANADO.CO.ID,AIRMADIDI-Sebanyak 200 koperasi di kabupaten Minahasa Utara menjadi perhatian khusus bagi dinas koperasi dan UKM Minut dari 487 koperasi yang terdaftar untuk dikembangkan setelah diketahui akan pailit.

“Sebagian yang berjalan kurang bagus akan dibantu supaya menjadi aktif kembali,” kata Drs Efraim Kahagi Kadis Koperasi dan UKM,

Setiap koperasi nantinya diwajibkan untuk melakukan rapat pertahun guna membuat laporan tentang sejauh mana koperasi mereka berjalan.”Koperasi wajib rapat tahunan supaya bisa diketahui perkembangannya,” kata dia.

Jika diketahui ada koperasi yang mandeg maka pihak dinas koperasi dan UKM akan turun ke lapangan untuk memperlengkapi kembali koperasi untuk kembali bersemangat.” Ada penyuluhan dan pembinaan. Ada juga bantuan langsung kepada koperasi yang bersangkutan. Namun dana tersebut berasal dari APBN langsung diserahkan kepada pihak koperasi dan  kami dari dinas koperasi hanya terima laporan saja,” tutur dia.

Bantuan yang diberikan memakai sisten enam bulan sekali guna melangkapi koperasi.”Bantuan diberikan sistem semester Rp 33 juta untuk penyuluhan dan pelatihan. Pos bantuan di PPK kemudian disalurkan melalui dinas koperasi dan UKM,” kata dia.

Selain batuan dari APBN koperasi biasanya mendapatkannya dari Bank namun proses untuk mendapatkannya terus dipantau oleh Dinas koperasi dan UKM .”Tahun ini kami akan pantau bantuan di bank, kalau ada masalah kami akan fasilitasi,” kata Kahagi.(amg)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s