Kejati Sumatra Utara segera Tahan Mantan Sekda Deli Serdang

MEDAN–MICOM: Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumatra Utara segera menahan mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Deli Serdang, Chairullah yang terkait kasus korupsi biaya bantuan pembinaan kemasyarakatan.

Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejatisu Edi Irsan Kurniawan Tarigan menyatakan pihaknya baru saja menerima kabar bahwa amar putusan Mahkamah Agung (MA) yang menolak kasasi terpidana Chairullah sudah diteriman Pengadilan Negeri (PN) Lubuk Pakam. “Sebagai jaksa eksekutor dalam melaksanakan hukum tetap, tentu kita berpedoman  pada putusan tersebut, tapi tentunya kami akan pelajari dulu apa isi dari amar keputusan tersebut,” kata Edi, Senin (17/1).

Amar putusan MA sudah turun ke PN Lubuk pakam, namun lampiran putusan tersebut belum dikirimkan ke Kejati akibatnya eksekusi belum bisa dilakukan. “Kalau setelah kami pelajari nanti dan ternyata sudah memiliki kekuatan hukum yang tetap tentu ?jaksa akan menahan dan juga akan melaksanakan eksekusi hukuman terhadap terpidana,” Ujarnya.

Seperti diketahui, PN Lubuk Pakam menerima amar putusan dari MA yang menolak permohonan kasasi Chairullah. Dalam amar putusan No 2100/Pid.Sus/ 2009 tanggal 24 Agustus 2010, MA menguatkan putusan Pengadilan Tinggi (PT) Sumut dengan hukuman dua tahun penjara. MA menyatakan, Chairullah terbukti bersalah dan meyakinkan melakukan korupsi biaya bantuan pembinaan kemasyarakatan Pemkab Deli serdang Rp594 juta dan dana ketertiban Pemilu 2004 sebesar Rp1,5 miliar.

Selain menjatuhkan hukuman dua tahun penjara, Chairullah juga diwajibkan membayar denda Rp50 juta subsider enam bulan kurungan dan membayar uang pengganti Rp2 miliar.

Putusan MA itu lebih tinggi dari putusan PN Lubuk pakam pada Maret 2007 lalu yang menghukum Chairullah setahun enam bulan penjara, denda Rp50 juta subsider enam bulan kurungan. (OL-12)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s