Bupati Kepulauan Aru Lolos dari Penahanan Kejati Maluku

AMBON–MICOM: Setelah berkali-kali mangkir dari pemanggilan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Maluku, Bupati Kepulauan Aru Teddy Tengko, tersangka kasus korupsi dana APBD sekitar Rp42 miliar, Selasa (11/1) siang, akhirnya memenuhi panggilan kejaksaan.

Teddy dipanggil untuk pemeriksaan sekaligus penyerahan berkas acara pemeriksaan dari penyidik kejaksaan ke penuntut umum dalam kasus korupsi tersebut. Saat datang, Teddy diperlakukan khusus pihak kejaksaan.

Sebelum masuk ke dalam kantor, mobil yang ditumpangi Teddy masuk ke halaman kantor dan mengambil seorang jaksa. Setelah itu, mobil keluar lagi dan membawanya ke samping kantor kejaksaan.

Untuk menghindar wartawan yang berada di depan pintu masuk kantor Kejati, Teddy ternyata menyelinap masuk dari pintu samping kantor menuju ke ruangan Asisten Tindak Pidana Khusus (Aspidsus) M Natsir Hamzah. Teddy diperiksa tiga jaksa, yakni Chrisman Sahetapy, Matihus Rahanra, dan Leonard Anakota sekitar tiga jam.

Sayangnya, setelah diperiksa serta penyerahan berkas dari penyidik kejaksaan ke penuntut umum atau tahap P21, Kejati Maluku tidak menahan tersangka korupsi dana APBD Kabupaten Kepulauan Aru itu. Hamzah menyatakan dirinya tidak punya kewenangan untuk menahan tersangka, selain Kajati Maluku Soegiarto.

Hamzah bahkan menemui Kajati Maluku di kediamannya di Karang Panjang Ambon untuk
menanyakan status tersangka dalam tahap P21 soal tersangka ditahan atau tidak. “Namun jaksa tinggi memerintahkan agar tidak ada penahanan terhadap tersangka. Ini kebijakan pimpinan. Kami harus ikuti,” kata Hamzah kepada wartawan di kantor Kejati. (OL-5)

One response to “Bupati Kepulauan Aru Lolos dari Penahanan Kejati Maluku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s