Jabar Dapat Bantuan 16 Kapal Nelayan

BANDUNG–MICOM: Jawa Barat mendapat bantuan 16 unit kapal penangkap ikan untuk memperkuat armada nelayan di pantai utara dan selatan provinsi itu.

“Untuk 2011 ada tambahan 16 unit kapal dari pemerintah, ukurannya satu kapal 100 gross ton (GT). Cukup besar, sehingga diharapkan bisa meningkatkan produksi ikan tangkap di Jabar,” kata Kepala Dinas Industri dan Perdagangan Pemprov Jabar Ferry Sofyan Arief, Jumat (7/1).

Kapal baru itu sebagian besar akan ditempatkan di pantai utara dan selatan Jawa Barat yang dioperasikan oleh kelompok nelayan seperti di Indramayu, Cirebon, Pangandaran, Cipatujah dan di Pelabuhan Ratu.

Dengan ukuran besar dari kapal-kapal nelayan kebanyakan itu, diharapkan bisa melaut lebih jauh ke  tengah laut dan mendapat hasil tangkapan yang lebih besar.

Kapal-kapal itu dilengkapi dengan jaring dan dukungan mesin penggerak bertenaga lebih besar. “Ukuran kapalnya lebih besar, sehingga diharapkan bisa melaut lebih jauh,” ucap Ferry.

Selama ini kebanyakan kapal nelayan ukurannya kecil yang berkisar 30-50 GT. Bahkan sebagian besar melaut menggunakan perahu tongkang bermesin kecil serta peralatan yang sangat sederhana.

“Peningkatan produksi ikan tangkapan diharapkan ikut menekan inflasi kelompok bahan makanan. Produksi meningkat berarti pasokan meningkat, sehingga kebutuhan masyarakat terpenuhi,” pungkas Ferry yang juga Ketua Forum Koordinasi Pengendalian Inflasi (FKPI) Jabar itu. (Ant/OL-13)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s