DKI Akan Kuasai 99% Saham PT Transjakarta

JAKARTA: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memastikan diri menguasai 99% saham PT Transjakarta jika nantinya Unit Pelayanan Teknis Badan Layanan Umum itu berubah badan hukumnya menjadi Perseroan Terbatas (PT).

Rencananya perubahan status itu akan diresmikan pada Agustus 2011, mengingat DPRD DKI Jakarta dan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo sudah memberi lampu hijau dengan rencana tersebut.

“Sebenarnya wacana ini sudah lama digulirkan, namun baru akan direalisasikan tahun ini. Sekarang draft Raperda-nya sudah masuk ke Balegda (Badan Legislatif Daerah Provinsi DKI Jakarta) dan targetnya tahun ini prosesnya selesai, 8 bulan ke depan,” ujar Kepala Biro Perekonomian Ratna Ningsih saat diwawancara di Balaikota, hari ini.

Menurut Ratna, dalam ketentuan hukum disebutkan Pemprov DKI Jakarta tidak dapat menguasai 100% saham PT Transjakarta. Oleh karena itu 1% kepemilikan saham PT Transjakarta baru akan dialihkan ke pihak lain.

“Bisa jadi 1% merupakan saham koperasi karyawan atau perusahaan operator angkutan massal yang sudah ada sebelumnya. Itu sedang kita bahas,” ujar Ratna.

Dengan demikian dalam prosesnya nanti Pemprov DKI Jakarta akan menguasai 99% saham PT Transjakarta dan memenuhi kebutuhan modal manajemen perusahaan.

Menurutnya wacana perubahan badan hukum pengelola manajemen busway Transjakarta ini didasarkan pada pertimbangan pentingnya peningkatan kualitas pelayanan angkutan massal yang sudah beroperasi di Jakarta sejak 6 tahun terakhir.

Selama itu pula busway Transjakarta mengalami perkembangan yang cukup signifikan, hingga tahun ini melayani pengoperasian 10 koridor busway dengan 524 armada bus tunggal dan gandeng.

Dengan semakin kompleksnya kebutuhan busway Transjakarta, maka Pemprov DKI Jakarta memandang perlu satu badan usaha yang lebih fleksibel dan mampu menjangkau setiap kepentingan pelayanan busway Transjakarta.

“Badan hukum UPT BLUD ini dipandang kurang fleksibel untuk mengoperasikan seluruh koridor. Prinsipnya Pak Gubernur sudah setuju badan hukumnya berubah menjadi PT,” ujar Ratna.

Bukan hanya perubahan pada status badan hukumnya saja, Pemprov DKI Jakarta juga akan merombak struktur manajemen perusahaan di mana beberapa posisi strategis akan diisi oleh para profesional di luar lingkungan Pemprov DKI Jakarta.

Namun dalam proses itu Ratna mengatakan pihaknya belum akan membahas mengenai tarif busway, apakah akan ada rencana perubahan ataukah tidak.(api)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s