Cagar Alam Cycloop Dirambah Penambang

SENTANI–MICOM: Aparat Polda Papua menghentikan aktivitas galian tambang golongan C di kawasan Cagar Alam Cycloop tepatnya di Hawai depan Hotel Sentani Indah, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Kamis (6/1).

Polisi memasang garis polisi di sepanjang areal tersebut serta menyisir seluruh kawasan yang sedang digali untuk memastikan tidak ada lagi kegiatan penambangan itu. Dari penyisiran tersebut, polisi menemukan dua truk yang sedang diisi batu serta beberapa remaja sebagai buruh di kawasan paling jauh dan tersembunyi.

Pihak kepolisian mengumpulkan buruh tersebut dan memberikan penjelasan tentang dampak galian golongan C di kawasan Cagar Alam Cycloop sebagai daerah yang dilindungi oleh undang-undang tersebut.

Setelah memberikan penjelasan enam orang buruh diamankan polisi untuk dimintai keterangan. Wakapolres Jayapura Kompol Chrits Pusung, di Sentani, mengatakan, aktifitas galian C di depan Hotel Sentani Indah itu dihentikan karena belum

mempunyai izin.

“Kami hanya membantu Polda untuk mengamankan kawasan tersebut untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terutama dari masyarakat pemilik tanah yang tidak menerima,” katanya.

Ia menjelaskan, pihak kepolisian sedang mengumpulkan data tentang pengerukan gunung di kawasan lindung tersebut. Untuk pengamanan pemasangan  garis polisi tersebut, satu pleton anggota Brimob Polda Papua dibantu dengan anggota Polres Jayapura.

Sebagaimana diketahui dari 24 perusahaan galian golongan C di Kabupaten Jayapura yang mengantongi izin hanya sembilan perusahaan.Sementara aktivitas  golongan C di kawasan tersebut telah berlangsung lama, sedangkan materialnya dipasarkan  ke Kota Jayapura, Kabupaten Keerom, dan Kabupaten Jayapura termasuk untuk Bandara Kelas Satu Sentani. (Ant/OL-2)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s