Barito Utara Dapat Rp16 Miliar untuk Pendidikan

MUARA TEWEH–MICOM: Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah menerima kucuran dana sebesar Rp16 miliar untuk peningkatan sarana pendidikan 2011. Jumlah itu lebih besar dibandingkan dana yang diterima tahun sebelumnya yang hanya sebesar Rp12,3 miliar.

“Dana itu akan dimanfaatkan untuk rehabilitasi dan pembangunan serta peningkatan sarana pendidikan terutana SD dan SMP,” kata Kepala Dinas Pendidikan Barito Utara Jamaludin, Jumat (7/1). Dana itu bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp13,3 miliar bertambah dari tahun lalu Rp10,8 miliar dan dana alokasi umum (DAU) Rp2,7 miliar meningkat dari sebelumnya Rp1,5 miliar.

Peningkatan fasilitas pendidikan tersebut, kata dia, memang tidak bisa dilakukan secara keseluruhan karena dana yang ada masih belum mencukupi, sehingga dimanfaatkan pada sekolah yang sangat membutuhkan.

“Kami berupaya menggalang dana sumber lain dari pemerintah pusat untuk kebutuhan perbaikan sarana dan prasana pendidikan di daerah ini,” katanya.

Jamaludin menjelaskan peningkatan saran pendidikan itu guna mendukung program pemerintah menuntaskan wajib belajar sembilan tahun di antaranya rehabilitasi dan pembangunan gedung sekolah dan perpustakaan serta rehabilitasi rumah dinas guru. Selain itu juga untuk meningkatkan fasilitas penunjang sarana belajar diantaranya pengadaan buku dan peralatan laboratorium sekolah.

“Secara bertahap kami terus berusaha memperbaiki dan melengkapi sejumlah sarana pendidikan baik sekolah maupun rumah guru yang kini kondisinya memprihatinkan,” jelas dia. (Ant/OL-13)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s