ADB Danai Jalan di Perbatasan Malaysia

PONTIANAK–MICOM:Kerusakan jalan negara di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, akan diperbaiki mulai tahun ini. Pengerjaan ruas jalan itu salah satunya akan didanai dari pinjaman Bank Pembangunan Asia (ADB).

“Perbaikan ruas jalan Tanjung-Sekadau dan Tayan-Tanjung-Balaikarangan menggunakan dana dari ADB. Jumlahnya berapa, saya belum tahu karena masih dalam proses tender,” kata Bupati Sanggau Setiman H Sudin, di Pontianak, Kamis (6/1).

Ruas jalan Tanjung-Sekadau hanya sebagian kecil dari kerusakan jalan negara di Kabupaten yang berbatasan dengan, Serawak, Malaysia tersebut.

Setiman mengatakan, saat ini terdapat sekitar 40% atau 120 kilometer dari 300 kilometer jalan negara di kabupaten ini rusak. Namun, kerusakan itu akan segera diperbaiki secara bertahap.

“Menurut informasi dari (pemerintah) provinsi, perbaikan ruas jalan Pontianak-Tayan akan selesai tahun ini,” ujarnya.

Selain Sanggau, ADB juga mendanai proyek pembangunan jalan menuju ke perbatasan Malaysia di Desa Aruk, Kecamatan Sajingan Besar, Kabupaten Sambas. Total dana yang digelontorkan sekitar Rp350 miliar.

Pembangunan jalan sepanjang 62 kilometer ini ditargetkan rampung pada tahun depan. Mengingat, Pos Pemeriksaan Lintas Batas (PPLB) Aruk telah dioperasikan sebagai pintu masuk resmi ke Serawak sejak awal bulan ini.

“Februari ini mungkin sudah dimulai pengerjaannya dan diperkirakan, pertengahan 2012 sudah rampung,” kata Bupati Sambas Burhanuddin A Rasyid.

Berdasarkan pantau Media Indonesia, kerusakan jalan akses ke PPLB Aruk sangat parah. Dari sekitar 70 kilometer total panjang jalan, hanya sekitar delapan kilometer yang berasapal mulus. Selebihnya, berlubang dan masih berupa jalan tanah merah.

Kondisi jalan tersebut berlumpur dan berubah menjadi kubangan di saat musim penghujan. Akibatnya, kawasan ini terisolisasi karena sulit ditembus oleh kendaraan bermotor roda empat.

“Nanti jalan dari (Kota) Sambas hingga ke titik nol perbatasan (Indonesia-Malaysia) seluruhnya beraspal mulus,” janji Burhanuddin, yang akan segera mengakhiri masa jabatannya sebagai bupati selama dua periode ini. (AR/OL-3)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s