Penyaluran Raskin Gagal Turunkan Harga Beras

PURWOKERTO–MICOM: Penyaluran beras untuk warga miskin (raskin) di Banyumas, Jawa Tengah, yang telah mencapai 50% dari alokasi tidak mampu menurunkan harga beras di pasaran.

Harga beras di pasaran saat ini masih pada kisaran Rp7.000 per kilogram (kg). Sedangkan di tingkat penggilingan antara Rp6.400 hingga Rp6.500 per kg.

Menurut salah seorang pedagang di Pasar Wage, Banyumas, Rohana, 35, harga beras jenis IR 64 kelas medium masih bertahan pada Rp7.000 per kg.

“Memang, saya dengan ada penyaluran raskin. Tetapi tetap tidak menurunkan harga beras. Biasanya, pengaruhnya hanya menurunnya tingkat pembelian oleh masyarakat. Kalau harga masih akan tetap bertahan dan tidak akan turun,” jelas Rohana, Rabu (5/1).

Secara terpisah, Ketua Persatuan Penggilingan Padi (Perpadi) Banyumas Wahyudianto mengatakan harga beras di tingkat penggilingan mencapai Rp6.400 sampai Rp6.500 per kg.

“Penyaluran raskin hanya berdampak pada tidak naiknya harga beras untuk sementara. Biasanya, pada saat penyaluran raskin, harga memang tidak akan bergerak naik karena ada pasokan kepada masyarakat miskin. Tetapi penyaluran raskin tidak akan menurunkan harga beras,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Perekonomian Banyumas Asis Kusumandani menyatakan bahwa selama dua hari terakhir, sudah ada 13 kecamatan yang disaluri raskin. (OL-01)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s