Pelaksanaan ERP Tinggal Masalah Waktu

TEMPO InteraktifJakarta – Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo berharap rencana peraturan pemerintah (RPP) terkait pelaksaan Electronic Road Pricing (ERP) bisa cepat selesai. Saat ini RPP tersebut masih dalam proses pembahasan di Kementerian Hukum dan HAM. “Kita set waktu untuk dipercepat dalam 2 bulan mendatang harus ada progres, belum ada RPP belum bisa jalan,”kata dia usai mengikuti rapat tentang Transportasi Jakarta, di kantor wakil presiden, Jakarta, Rabu (5/1).

Menurut Fauzi, jika RPP ini telah resmi menjadi peraturan pemerintah, pihaknya akan segera membuat peraturan daerah (perda). Dengan perda inilah pelaksanaannya bisa segera dijalankan. “Paralel dengan itu kita bisa tenderkan, paling tidak PP musti terbit dulu. Mudah-mudahan dalam 2-3 bulan terbit,”ujarnya.

Juru bicara wakil presiden Yopie Hidayat menambahkan, memang ada hambatan dalam pelaksanaan ERP karena tidak diatur dalam Undang-undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Sedangkan Undang-Undang Lalu Lintas Jalan sudah menampung semua tentang ERP ini.

“Masih ada jalan keluar karena masih ada kemungkinan memakai klausul retribusi lain-lain, penanggung jawabnya Menteri Keuangan. Gubernur dan Departemen Perhubungan akan tetap menyusun rencana pelaksanaan teknis ERP dengan asumsi hambatan legal sudah bisa teratasi. Targetnya dua bulan,”kata dia.

Sebelumnya, Fauzi pernah mendesak pemerintah pusat segera mengeluarkan peraturan untuk pelaksanaan Electronic Road Pricing (ERP). Menurut dia, upaya apapun yang dikerjakan untuk mengurangi kemacetan di Jakarta tidak akan efektif tanpa kebijakan mengurangi jumlah pengguna kendaraan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s