Mantan Bupati Sidoarjo Tersangka Korupsi Kasda Rp2,24 Miliar

SIDOARJO–MICOM: Mantan Bupati Sidoarjo Win Hendrarso ditetapkan sebagai
tersangka kasus dugaan korupsi dana kas daerah senilai Rp2,24 miliar, Selasa (4/1).

Selain mantan bupati, mantan Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Nunik Ariyani yang saat ini menjadi anggota DPRD Sidoarjo,Jawa Timur, dari Fraksi Demokat juga ditetapkan sebagai tersangka kasus yang sama.

Penetapan tersangka dilakukan penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Sidoarjo setelah mengumpulkan bukti-bukti keterlibatan keduanya dalam kasus raibnya dana kas daerah (kasda) tersebut. Mereka berdua dinilai sebagai pihak yang harus bertanggung jawab atas kasus uang kasda pada 2009 itu.

Kejari Sidoarjo sebelumnya juga sudah menetapkan satu tersangka lain yaitu mantan Kepala Bidang Bendahara Umum Dispenda Suradji. Namun karena yang bersangkutan meninggal dunia, kasus tersangka batal demi hukum.

Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus Kejari Sidoarjo Sugeng Riyanta mengatakan, Win Hendarso dan Nunik Ariyani dijerat dengan Pasal 2 ayat 1 Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Menurutnya, setelah ditetapkan sebagai tersangka, pihaknya akan memanggil mereka untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Sebenarnya, uang kasda yang hilang yang ternyata dipinjam dua tersangka sudah dikembalikan sehingga tidak ada kerugian negara. Namun pihak kejaksaan menyatakan walaupun kerugian negara sudah dikembalikan, tidak menghapus tindak pidananya.

“Kami belum bisa menentukan soal perlunya penahanan,” kata Sugeng ketika ditanya apakah keduanya akan ditahan. (OL-01)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s