Alih Fungsi Hutan Picu Longsor di Jayapura

JAYAPURA–MICOM: Kemerosotan lahan akibat alih fungsi hutan  di sebagian besar  wilayah Kota Jayapura, Provinsi Papua telah memicu tanah longsor dan mengancam kerusakan kawasan di sekitar.

Dosen Jurusan Teknik Mineral, Universitas Cenderawasih (Uncen), Prihananto Setiadji, MT, di Jayapura, Senin (3/1) menjelaskan, longsor di sejumlah pemukiman warga di Jayapura beberapa waktu lalu disebabkan penggunaan lahan yang tidak memenuhi syarat-syarat teknis.

“Seharusnya ada bentuk pengkajian sebagai dasar rekomendasi bagi penggunaan dan pengembangan lahan kepada masyarakat. Penggunaan lahan yang dilakukan sembarangan, memperbesar resiko bencana,” katanya.

Lahan yang telah mengalami degradasi atau kemerosotan, katanya, akan berkurang sifat-sifat keteknisannya, seperti ketahanan terhadap beban yang terus bertambah dan berlangsung berkeseninambungan, sehingga pada suatu waktu akan mengalami longsor. Di lain pihak, kegiatan pembangunan senantiasa dilakukan dan tidak dapat dihentikan.

Kondisi tersebut, lanjut dia, mempengaruhi fungsi lahan sebagai tempat berdirinya bangunan beserta segala aktivitas manusia.  “Agar pembangunan tetap dapat berjalan sebagaimana mestinya dengan tetap mempertahankan kualitas lahan, harus diperhatikan hal-hal teknis berkaitan kondisi morfologi, geologi dan hidrogeologi suatu daerah,” kata Prihananto.

Dia mengatakan, dari segi morfologi, Kota Jayapura didominasi pegunungan dan perbukitan patahan yang rata-rata berlerang terjal, yaitu lebih dari 20 derajat. Dari segi keamanan teknis, pemukiman sebaiknya didirikan pada lereng dengan kemiringan kurang dari 20 derajat.

Apabila pembangunan tetap dipaksakan di daerah dengan kondisi lereng demikian, menurutnya, akan mengganggu kestabilan sehingga berpotensi besar terjadi longsor. (Ant/OL-2)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s