Dukungan Calon Perseorang Masih Diverifikasi

JAMBI, TRIBUNJAMBI,COM – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Muaro Jambi belum menerima laporan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan panitia pemilihan kecamatan (PPK) yang bekerja memfaktualisasi dukungan perseorangan.

Pada pembukaan dukungan pasangan calon perseorangan bakal calon bupati Muaro Jambi mendaftar satu pasangan atas nama, Kamaluddin Haviz-Ali Lubis. Saat ini berkas dukungan yang disampaikan sedang diverifikasi KPUD Muaro Jambi hingga 10 Januari 2011.

Namun, sebelum tanggal tersebut, pada 4 Januari KPUD akan melakukan pleno rekap hasil kerja PPS dan PPK. “Sampai saat ini baik PPS dan PPK belum ada yang melaporkan bila ada pembatalan dukungan,” ujar Sudirman SPd anggota KPUD Muaro Jambi, Sabtu (25/12).

Ia menjelaskan, saat ini memang tidak ada keharusan pihak PPS dan PPK melaporkan hasil kerja mereka. Sebab pada tanggal 4 Januari tersebut KPUD hanya melakukan pleno rekap faktualisasi dukungan saja.

“Pleno itu hanya merekap angka hasil laporan PPS dan PPK. Kalau ada yang batal atau dibatalkan, maka hasilnya akan kita sampaikan kepada pasangan kandidat untuk dilengkapi,” ujar Sudirman.

Usai dilakukan Pleno rekap hasil faktualisasi dukungan, maka KPUD akan membuka pendaftaran untuk pasangan calon perseorangan. Pada masa itu pula pihak pasangan perseorangan berkewajiban memenuhi kembali bila ada dukungan yang dibatalkan. Mereka tidak memenuhi syarat untuk mendaftar bila dukungan disampaikan kurang dari 16.182 dukungan.

Sudirman merincikan pada 5 Januari 2011 dilakukan pleno pemuktahiran data pemilih oleh PPS dan PPDP untuk dijadikan data pemilih sementara (DPS). pada 6-26 Januari 2011 pengumuman DPS di tiap kelurahan dan balai desa.

Pada tanggal yang sama juga dilakukan perbaikan DPS berdasarkan informasi dan masukan dari masyarakat. Pada 27-29 Januari 2011 pencatatan DPS tambahan dan pleno DPS tambahan oleh PPS.

Tanggal 30 Januari-1 Februari 2011 pengumuman daftar pemilih tambahan, dan tanggal 10-14 Februari 2011 dilakukan pengesahan dan pengumuman daftar pemilih tetap (DPT) oleh PPS.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s