Maluku Miliki Potensi Panas Bumi 600 MW

AMBON–MICOM: Provinsi Maluku memiliki potensi sumber panas bumi yang berpeluang dikelola menjadi energi listrik mencapai 600 Mega Watt (MW) dan baru di Desa Suli, Pulau Ambon, dilakukan pengeboran eksplorasi pada 5 Desember 2010.

Kadis Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) setempat, Bram Tomasoa, Rabu (29/12), mengatakan, potensi panas bumi tersebut tersebar di pulau Ambon, Haruku, Saparua, Nusalaut, Seram, Buru, tidak termasuk pulau Wetar yang belum diteliti.

Pihaknya telah mengusulkan ke Kementerian ESDM untuk melakukan penelitian potensi panas bumi di Wetar, kabupaten Maluku Barat Daya sebagai salah satui pulau terluar yang berbatasan langsung dengan Timor Leste, katanya saat membuka Pembinaan dan Penyuluhan Aparat Pemda dalam rangka studi kelaikan pemanfaatan uap panas bumi.

“Kementerian ESDM perlu meneliti potensi panas bumi pulau Wetar agar bila ekonomis bisa menjamin energi listrik di MBD yang dimekarkan dari Maluku Tenggara Barat (MTB) pada 16 September 2008, sekaligus efisiensi pengoperasian Pembangkit Listrik Tenaga Diesel ( PLTD),” ujarnya.

Bram mengakui bila memanfaatkan panas bumi maka tarif listrik Rp1.000 per KWH, sedangkan saat ini bila PLTD mencapai Rp2.000 per KWH. Masih terbuka kemungkinan bila memanfaatkan panas bumi tarifnya bisa ditekan di bawah Rp1.000 per KWH dengan tahap konsekuensi tahap awal pembangunan membutuhkan biaya besar, katanya.

Disinggung panas bumi di Suli, Bram menjelaskan, tergantung hasil pengeboran eksplorasi, tapi tahap awal diprogramkan 2 X 10 MW.

“Saya diinformasikan PT PLN Geothermal, bila hasil pengerboran menunjukkan kapasitas ekonomis, maka berpeluang dikembangkan lebih dari 20 MW sehingga tersedia energi listrik untuk mendukung investasi berskala besar, baik di pulau Ambon, kepulauan Lease maupun pulau Seram,” ujarnya.

Pertimbangannya sedang dibangun Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) berkapasitas 2 X 15 MW di Desa Waai, pulau Ambon yang diprogramkan rampung pada Februari 2012.

Maluku dari sisi geologi memiliki posisi unik karena terletak pada interaksi lempeng kerak bumi yakni Eurasia, India – Ausyralia dan Pasifik.

Kondisi ini memungkinkan terbentuknya cekungan sedimen mengandung hidrokarbon dan busur vulkanik yang menghasilkan panas bumi maupun energi alternatif lainnya. (Ant/OL-3)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s