Hindari Pemborosan Anggaran

MAMUJU–MICOM: Gubernur Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), H Anwar Adnan Saleh mengingatkan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) menghindari pemborosan anggaran dalam pelaksanaan tugas, baik APBD maupun APBN 2011.

“Peningkatan anggaran yang disediakan melalui baik APBD maupun APBN harus dikelola secara maksimal. Hindari pemborosan anggaran apabila sifatnya tidak mendesak,” katanya di Mamuju, Sabtu (1/1).

Penyerahan Daftar Isian Penggunaan Anggaran (Dipa) dan pengesahan peraturan daerah (Perda) APBD tahun 2011 perlu disyukuri karena tepat waktu, sehingga akan semakin memaksimalkan penggunaan anggaran pada setiap SKPD di daerah ini.

Meningkatnya APBD maupun APBN yang tersedia di tahun anggaran 2011, kata Anwar, hendaknya dimanfaatkan untuk kegiatan yang mendesak sesuai kebutuhan rakyat dengan menekan terjadinya pemborosan.

Ini juga merupakan pesan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono agar semua daerah memanfaatkan anggaran yang bersentuhan kebutuhan rakyat dan tidak melakukan hal-hal yang sifatnya pemborosan.

“Semua SKPD harus mampu memastikan bahwa penggunaan anggaran benar-benar tepat sasaran dan bisa dinikmati rakyat,” ungkapnya.

Dikatakannya, setiap SKPD harus menghindari belanja yang sifatnya pemborosan anggaran seperti pelaksanaan rapat di hotel-hotel mewah, perjalanan dinas keluar daerah. “SKPD harus mengutamakan perjalanan dalam daerah bagi pemantapan tugas-tugas dan program yang akan dilaksanakan. Semua SKPD harus bisa memastikan bahwa program yang dikerjakan benar-benar dinikmati rakyat,” tegas Anwar.

Gubernur mengatakan, anggaran pemerintah pusat yang masuk ke Sulbar seperti tercantum dalam Dipa mengalami peningkatan dari alokasi tahun sebelumnya. “Sebanyak 257 Dipa dengan total pagu anggaran sebesar Rp1,968 triliun untuk Kementerian yang ada di daerah, Rp4,352 triliun, kebutuhan provinsi dan lima kabupaten Rp6,321 triliun,” kata Anwar.

Dengan anggaran yang besar ini diharapkan semua pengguna anggaran bisa memaksimalkan pengelolaan untuk kepentingan rakyat yang ada di daerah tersebut.  (Ant/OL-2)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s