Pariwisata DIY tetap Prospektif

YOGYAKARTA–MICOM: Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta pada 2011 akan tetap prospektif, meskipun saat ini masih dalam pemulihan pascaerupsi Gunung Merapi. Hal itu  dikatakan Kepala Dinas Pariwisata DIY Tazbir, Jumat (31/12).

“Meski sempat terganggu akibat bencana erupsi Merapi yang terjadi 26 Oktober hingga akhir November 2010, namun diharapkan secara keseluruhan kondisi pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada 2011 tetap kondusif dan prospektif,” katanya.

Menurut dia, saat ini kondisi wilayah DIY tetap aman dan nyaman, sehingga mempengaruhi pariwisata daerah ini di penghujung 2010. “Ini  antara lain ditandai dengan semakin meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan, baik nusantara maupun mancanegara ke DIY,” katanya.

Selain itu, kata dia, dukungan infrastruktur dan layanan pariwisata juga semakin meningkat, baik transportasi jalan, bandara  hingga biro perjalanan juga menujukkan peningkatan. “Insan pariwisata DIY semakin optimistis dalam menapaki 2011. Kerja sama yang solid dan sinergis antarpelaku industri pariwisata di daerah ini diharapkan semakin harmonis,” kata Tazbir.

Menurut dia, sampai kini potensi pariwisata DIY beragam, termasuk kekayaan wisata budaya yang tidak bisa ditemui di daerah lain di Indonesia. “Potensi ini sangat membanggakan dan luar biasa. Semua potensi wisata mulai dari bangunan heritage, keindahan alam pegunungan,   pantai, kerajinan, desa wisata.

Produk kerajinan kecil dari usaha kecil menengah (UKM) sebagai motor penggerak industri pariwisata DIY yang kaya kreativitas, dan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi kalangan wisatawan selama ini,” katanya.

Ia  mengatakan pariwisata DIY sangat optimistis memasuki 2011.  Keamanan yang kondusif, dan kesadaran masyarakat akan pentingnya Sapta Pesona Pariwisata akan terus ditingkatkan. “Dukungan pemerintah pusat, kerja sama sinergis pemerintah provinsi dengan kabupaten/kota termasuk dengan pemangku kepentingan  pariwisata DIY akan menjadi modal untuk menyukseskan pembangunan pariwisata DIY pada 2011,” kata Tazbir. (Ant/OL-04)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s