Enam Jalan Kota Pontianak akan Dibetonisasi

PONTIANAK–MICOM: Dinas Pekerjaan Umum Kota Pontianak berencana membangun enam jalan untuk dibetonisasi guna mengurangi naiknya air jika pasang.

“Kita mendapat anggaran Rp18 miliar untuk betonisasi jalan-jalan di Kota Pontianak,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, di Pontianak, Jumat (31/12).

Menurutnya, betonisasi jalan-jalan yang dianggap rendah ini merupakan program Pemerintah Kota Pontianak agar kondisi jalan setiap tahun ke depan semakin baik.

Jalan Tanjung Raya 1, Jalan Tanjung Raya II, Jalan Kom Yos Sudarso, Jalan Perdana, Jalan Jeranding dan Jalan 28 Oktober akan dibetonisasi, mengingat jalan-jalan tersebut termasuk ada di dataran rendah sehingga jika musim hujan air akan meluap ke badan jalan.

“Pembangunan betonisasi ini dilakukan secara berkala dan rutin setiap tahun. Dan tahun 2011 ini, kita menganggarkan sebesar Rp 18 miliar untuk betonisasi,” kata Edi.

Sementara jalan-jalan yang rusak seperti Jalan RE Martadinata dan jalan lainnya akan masuk pada anggaran pemeliharaan berkala. Apalagi, anggaran untuk pemeliharaan jalan sangatlah kecil yakni sebesar Rp 4 miliar saja.

Padahal, idealnya anggaran pemeliharaan jalan-jalan rusak di Kota Pontianak sebesar Rp 15 miliar setiap tahun.

“Kita tetap bekerja secara maksimal meskipun dengan anggaran terbatas,” ujar Edi Rusdi Kamtomo.

Namun, lanjutnya, yang terpenting adalah bagaimana menciptakan jalan-jalan di Kota Pontianak bagus,” tutur Edi. Dia mengatakan kalau pihaknya juga mendapatkan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk perbaikan jalan sebesar Rp 2,3 miliar.

“Kalau tidak salah, perbaikan jalan tersebut sudah dianggarkan pemerintah provinsi pada tahun 2011. Jadi para pengguna jalan diharapkan bersabar saja dengan kondisi jalan yang ada saat ini,” katanya.

Sedangkan untuk Jalan Veteran dan Jalan Pahlawan, lanjut Edi, merupakan jalan nasional. Sehingga perbaikan jalan tersebut merupakan tanggung jawab pemerintah pusat dan anggarannya diambil dari APBN.

“Kami berharap agar kedua jalan tersebut yang menghubungkan ke Jembatan Kapuas I untuk dibetonisasi mengingat jalan tersebut termasuk dataran rendah sehingga kalau musim hujan, jalan tersebut dipastikan akan tergenang air,” kata Edi Rusdi Kamtono. (Ant/OL-9)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s