Sembilan Pelabuhan Batu Bara di Kalsel Rambah Cagar Alam

BANJARMASIN–MICOM: Sembilan pelabuhan khusus batu bara di Kalimantan Selatan (Kalsel) beroperasi di kawasan hutan cagar alam dan konservasi.

Menurut Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalsel Bambang Dahono Adji di Banjarmasin, Kamis (30/12), sembilan pelabuhan khusus batu bara yang merambah kawasan cagar alam itu berada di pesisir Kabupaten Kotabaru dan Tanah Bumbu.

Namun, tambahnya, BKSDA belum dapat menindak keberadaan pelabuhan-pelabuhan yang telah beroperasi sejak beberapa tahun tersebut karena masih menunggu keputusan Menteri Kehutanan.

“Pelabuhan yang beroperasi di kawasan hutan cagar alam itu belum bisa ditindak karena pihak perusahaan juga punya dasar kuat,” kata Bambang.

Hal itu terkait dengan adanya perubahaan surat keputusan (SK) penunjukan kawasan hutan dari SK Menhut 453/1999 menjadi 435/2009. Dalam SK disebutkan kawasan yang sebelumnya masuk areal penggunaan lain (APL) kini menjadi hutan cagar alam.

Ia mengungkapkan, luas hutan cagar alam yang dirambah untuk pelabuhan batu bara itu mencapai ratusan hektare. Selain untuk pelabuhan khusus, perambahan kawasan hutan
cagar alam dan konservasi di Kalsel juga digunakan pembangunan pelabuhan feri penyeberangan di Desa Tarjun, Kabupaten Kotabaru, dan perambahan kawasan hutan konservasi Taman Hutan Raya Sultan Adam di Kabupaten Banjar dan Tanah Laut.

Kalsel memiliki hutan cagar alam seluas 85.000 hektare dan hutan konservasi 155.000 hektare. Saat ini, kata Bambang, sejumlah daerah gencar mendesak pelepasan status kawasan hutan cagar alam dan konservasi dengan alasan kepentingan pembangunan.

“Kabupaten Kotabaru merupakan salah satu kabupaten yang mengusulkan pelepasan kawasan hutan cagar alam untuk kepentingan pembangunan jembatan penyeberangan dan industri lainnya,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s