Pariwisata Baubau Miliki Potensi Besar

BAUBAU–MICOM: Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, memiliki tiga potensi pariwisata andalan yang bisa menarik minat wisatawan domestik maupun mancanegara.

Kepala Bidang Promosi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Baubau Sadidi, di Baubau, Kamis (30/12) mengatakan, tiga potensi tersebut meliputi wisata budaya, wisata alam, serta wisata minat khusus. “Ketiga potensi wisata andalan Baubau ini, sanga diminati oleh wisatawan. Setaip kali mereka berkungjung di Baubau, semuanya dikunjungi dan dinikmati,” katanya.

Ia menjelaskan potensi wisata budaya misalanya, Baubau memiliki benteng terpanjang dan terluas di dunia. Kemudian, sejumlah situs budaya masih tersimpan rapi dan berdiri kokoh. “Orang kalo berkungjung di Baubau jika belum menginjakan kaki di Benteng Keraton berarti belum tiba di Baubau. Keindahan benteng seluas kurang lebih 2 hektar sangat menarik simpatik dari semua orang untuk mengunjunginya,” jelasnya.

Sedangkan wisata alam, kata dia, Kota Baubau memiliki sejumlah objek wisata seperti Pantai Nirwana, Pantai Lakeba, Air Terjun tirta rimba, serta mata air Bungi. “Jumlah pengunjung setiap minggunya di objek wisata alam ini cukup tinggi. Tidak tanggung-tanggung, wisatawan lokal dari kabupaten tetangga Baubau menjadikan tujuan wisata mereka untuk dikungjungi,” tambahnya.

Kemudian, kata Sadidi, objek wisata minat khusus. Pada objek wisata ini, Kota Baubau memiliki Gua Lakasa dan Gua Moko di dalam laut sekitar pantai Nirwana. Kedua Gua ini, memiliki keindahan dan keunikan tersendiri. “Untuk mencapai lokasi guanya harus melewati rintangan yang cukup tinggi. Misalnya Gua Moko, harus melakukan penyelaman terlebih dahulu. Selanjutnya Gua Lakasa yang mempunyai mata air di dalamnya, untuk mencapai mata air di dasar gua, harus melewati bebatuan gua yang cukup terjal,” katanya.

Untuk menarik kungjungan wisata lebih banyak lagi di Kota Baubau, Dinas terkait yakni Diasbupar  bekerja sama dengan seluruh pelaku wisata Baubau untuk membuat paket wisata. (Ant/OL-04)

One response to “Pariwisata Baubau Miliki Potensi Besar

  1. Kayakx luas benteng keraton bukan 2 hektar deh (¬_¬”)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s