Produksi Jagung Sulbar 70 Ribu Ton

MAMUJU–MICOM:Produksi jagung Provinsi Sulawesi Barat sekitar 70.000 ton pada tahun 2010. Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Sulbar, Supriyatno, di Mamuju, Senin (27/12), mengatakan, produksi jagung di Sulbar tahun 2010 mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2009.

Ia mengatakan, produksi jagung di Sulbar pada tahun 2010 sekitar 70.000 ton, meningkat sekitar 20.000 ribu ton dibandingkan tahun 2009. Menurut dia, peningkatan itu dipicu adanya peningkatan areal tanaman jagung di Sulbar dari sekitar 12.000 hektare tahun 2009 menjadi sekitar 20.000 hektare ditahun 2010.

Supriyatno mengatakan, pemerintah di Provinsi Sulbar terus berupaya untuk meningkatkan produksi jagung tersebut dengan meningkatkan produktivitasnya. “Produktivitas jagung saat ini sekitar 3,5 ton per hektare. Produktivitas itu dianggap masih rendah, sehingga pemerintah berupaya meningkatkannya produktivitasnya hingga mencapai empat ton per hektare,” katanya.

Ia mengatakan, pemerintah di Sulbar berupaya meningkatkan produktivitas jagung dengan melakukan program intensifikasi pertanian jagung, selain memperluas areal tanaman.

“Pemerintah berupaya mendorong produksi jagung di Sulbar hingga mencapai 100.000 ton per tahun dalam rangka untuk mendukung target produksi jagung secara nasional agar target swasembada jagung nasional ditahun 2014 mendatang dapat terwujud,” katanya. (Ant/OL-2)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s