Terpegok Bagikan Uang, Petugas TPS Pemilu Kada Jembrana Digant

NEGARA–MICOM: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jembrana, Bali, mengganti I Made Sukarta sebagai petugas di tempat pemungutan suara (TPS) 02 Desa Manistutu,
Kecamatan Melaya, Senin (27/12) dinihari.

Penggantian itu dilakukan beberapa jam sebelum pemungutan suara pemilihan umum kepala daerah (pemilu kada) daerah setempat.

KPU melakukan hal itu setelah yang bersangkutan tertangkap basah membagikan-bagikan uang kepada warga untuk memilih pasangan tertentu.

Ketua Panwaslu Jembrana I Wayan Wasa saat dimintai konfirmasi di Negara, membenarkan hal tersebut. “Begitu mendapatkan laporan kami langsung meluncur ke lokasi dan memeriksa yang bersangkutan. Setelah terbukti, kami rekomendasikan kepada KPU untuk mengganti petugas TPS tersebut,” katanya.

Menurut Wasa, oknum anggota TPS itu terungkap setelah membagi-bagikan amplop berisi uang Rp10.000 kepada sejumlah warga yang memiliki hak pilih.

Sementara itu, berdasarkan pantauan saat pemungutan suara di TPS 16 Desa/Kecamatan Melaya, di kursi saksi yang tersedia tampak tidak diisi saksi dari pasangan I Gede Ngurah Patriana Krisna-I Ketut Subanda.

Salah seorang petugas TPS yang ditemui mengatakan, saksi pasangan tersebut sempat datang pada pagi hari, namun setelah itu menghilang. “Tadi pagi dia datang, namun setelah itu pergi entah ke mana,” ujar petugas TPS 16. (Ant/OL-01)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s