Tangani Pasien Miskin, RS Sudiran Wonogiri Tutup Biaya Rp225 Juta

WONOGIRI–MICOM: Rumah Sakit dr Sudiran Mangun Sumarso Wonogiri, Jawa Tengah, harus menutup biaya Rp225 juta untuk pelayanan masyarakat miskin setempat, menyusul habisnya dana Jamkesda (jaminan kesehatan deerah) sebesar Rp900 juta sejak September silam.

“Sudah nombok Rp 225 juta, dan ini sangat berpengaruh terhadap keuangan rumah sakit. Namun kami bertekat untuk tetap bisa melayani rakyat miskin yang sakit dan masuk ke  tidak terganggu,” tukas Direktur RS dr SMS Wonogiri, Sutyarinii, Senin di Wonogiri( 27/12).

Terkait upaya penombokan yang terus berlanjut sampai akhir Desember ini, telah menjadi pembahasan serius DPRD Wonogiri. Dalam rapat pembahasan anggaran di Komisi D, terungkap adanya penganggaran lewat alokasi APBD 2011 sebesar Rp 950 juta. Tadinya usulan eksekutif Rp700 juta. Namun kemudian dalam Kebijakan Umum Anggaran-Prioritas Plafon Anggaran Sementara itu (KUA-PPAS) dinaikkan menjadi Rp950 juta.

Wakil Ketua Komisi D Ngadiyono berharap, RS dr Sudiran tetap konsisten untuk memberikan pelayanan terhadap pasien miskin yang masuk ke rumah sakit milik daerah tersebut.  “Saya berharap RSUD tidak menghentikan pelayanan. RSUD juga diharapkan bersedia nomboki biaya pasien jamkesda rujukan terlebih dahulu. Nanti, besar tombokan akan diganti dengan alokasi di APBD 2011. Kalau masih kurang, akan dicarikan tambahan di APBD Perubahan,” tegas Ngadiyono.

Sedang Setyarini menambahkan sudah tiga bulan ini klaim RS dr Sudiran belum dibayar. Jika terlalu lama dikhawatirkan akan menganggu operasional rumah sakit. “Contohnya, obat yang mestinya sudah bisa dibayar, belum bisa dibayar karena kondisi ini. Dokter juga belum bisa mendapatkan uang jasa pelayanan,” ujarnya. (WJ/OL-2)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s