Investor Korsel Bantu Nelayan Halmahera Selatan

TERNATE–MICOM: Investor asal Korea Selatan yang beroperasi di Kabupaten Halmahera Selatan Provinsi Maluku Utara memberikan bantuan sarana operasional penangkapan ikan kepada nelayan setempat.

Direktur PT Fishiers Moon Bae di Labuha, Minggu (26/12), menyatakan, hal itu sebagai upaya ikut memberdayakan nelayan setempat guna meningkatkan kesejahteraan mereka. Menurut dia, fasilitas penangkapan ikan yang diberikan perusahaan PT Fishiers kepada nelayan Halmahera Selatan di antaranya Bahan Bakar Minyak (BBM), es, boks penampungan ikan, dan menyiapkan teknisi untuk memperbaiki kapal nelayan yang rusak.

“Permintaan perusahaan kepada nelayan yang menerima sarana operasional adalah mereka harus menjual hasil tangkapannya kepada perusahaan dengan harga yang telah disepakati kedua belah pihak,” katanya.

Harga ikan yang disepakati oleh perusahaan dengan nelayan saat ini sebesar Rp15.000 per kilogram (untuk jenis ikan cakalang, tuna, dan layang). Harga ini jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan harga pada pengusaha pengumpul setempat, terkadang hanya Rp10.000 per kilogram.

Ia menyatakan, perusahaan juga akan menampung berapa pun hasil tangkapan nelayan dengan harga yang sama sesuai kesepakatan, sehingga sangat menguntungkan nelayan, karena biasanya kalau musim ikan di daerah itu harga ikan anjlok.

Fishiers beroperasi di Halmahera Selatan mulai 2010 dengan rencana investasi sebesar Rp50 miliar. Saat ini perusahaan itu baru menanamkan investasi sebesar Rp20 miliar. (Ant/OL-5)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s