Sultra Anggarkan Rp2,7 Miliar untuk Sail Wakatobi

WANCI–MICOM: Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mengalokasikan dana melalui APBD Provinsi Sultra 2011 sebesar Rp2,7 miliar untuk mendukung kegiatan Sail Wakatobi – Belitung yang dipusatkan di Wakatobi.

“Untuk kegiatan Sail Wakatobi, kami mengusulkan dana sebesar Rp4,7 miliar, namun yang disetujui DPRD Sultra hanya Rp2,7 miliar,” kata Kepala Dinas DKP Sultra Abdul Salam di Wakatobi, Jumat (24/12).

Menurut Abdul Salam, dana sebesar Rp2,7 miliar tersebut untuk membantu akomodasi dan bahan bakar armada sejumlah kapal angkatan laut yang akan disiagan menjaga keamanan di wilayah perairan laut Sultra, terutama di sekitar lokasi upacara bawah laut yang melibatkan ribuan penyelam.

“Saat acara puncak kegiatan sail yang direncanakan mulai 2 Agutus hingga 2 September 2011 di Wakatobi itu, akan banyak armada kapal TNI angkatan Laut yang akan dikerahkan, sebab Angkatan laut tidak hanya mengamankan wilayah periairan laut akan tetapi juga banyak melakukan kegiatan bakti sosial,” katanya.

Selama kegiatan sail tersebut, kata dia, seluruh kebutuhan bahan bakar kapal termasuk akomodasi personel yang disiagakan, menjadi tanggungan pihak tuan rumah penyelenggaraan sail, dalam hal ini Provinsi Sultra dan Provinsi Bangka Belitung.

“Kita harapkan sejumlah kabupaten dan kota se-Sultra, terutama kabupaten dan kota yang disebutkan dalam Kepres sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan sail, dapat membantu kegiatan akbar yang berskala internasional ini,” katanya.

Menurut Abdul Salam, di Sultra yang menjadi tempat penyelenggaraan sail seperti disebutkan dalam Kepres ada tujuh kabupaten dan kota.

Ketujuh kabpaten dan kota tersebut masing-masing Wakatobi, Muna, Buton Utara, Kota Kendari, Kota Baubau dan Kabupaten Bombana.

“Karena namanya Sail Wakatobi – Belitung, maka di Sultra pusat kegiatan terpadat diselenggaran di Wakatobi,” katanya. (Ant/OL-3)

One response to “Sultra Anggarkan Rp2,7 Miliar untuk Sail Wakatobi

  1. pertanayaannya : apakah masyarakat sultra terutama wakatobi sudah disiapkan agar mampu menarik keuntungan ekonomi di balik penyelenggaraan sail? atau hnay menguntungkan segelintir orang saja. jika poin kedua yg terjadi maka tidak ada kata lain selain TOLAK…!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s