Bengkulu tidak akan Serahkan Lahan ke Investor Asing

BENGKULU–MICOM: Pemerintah Provinsi Bengkulu tidak akan memberikan lahan kepada investor asing untuk usaha perkebunan. Jika hal ini dilakukan, dikhawatirkan masyarakat tidak bisa berkebun lagi.

“Saya berkali-kali menegaskan tidak akan memberikan lahan kepada investor asing. Kalau lahan diberikan ke investor asing, lalu mau berkebun di mana lagi masyarakat Bengkulu karena lahan sudah habis,” kata Gubernur Bengkulu Agusrin Maryono Najamudin di Bengkulu, Jumat (24/12).

Ia mengatakan, sejak tiga tahun ini, Pemprov Bengkulu telah mencabut ribuan hektare lahan hak guna usaha (HGU) yang ditelantarkan oleh ivestor di daerah itu. Ribuan lahan HGU yang dicabut izin itu tersebar di sejumlah kabupaten di daerah itu.

Sikap tegas ini terpaksa dilakukan karena jika dibiarkan lahan tersebut menjadi semak belukar. Sementara masyarakat Bengkulu untuk berkebunan tidak ada lahan. Lahan yang diberikan kepada investor dibiarkan telantar.

“Sampai saat ini, sudah belasan HGU terlantar di Bengkulu sudah kami cabut. Lahan HGU itu kami bagikan kepada masyarakat untuk dijadikan kebun sawit dan karet,” ujarnya.

Setiap keluarga diberikan lahan seluas dua sampai tiga hektare. Lahan tersebut akan ditanami kelapa sawit dan karet melalui program revitalisasi perkebunan. Dana untuk membiaya program revitalisasi perkebunan itu dipinjam di salah satu bank pemerintah di daerah itu. (Ant/OL-5)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s