Ada Kandungan Emas di Pulau Romang

AMBON–MICOM: Kandungan deposit emas di perut bumi Pulau Romang, Kabupaten Maluku Barat Daya, bisa diketahui secara pasti setelah dilakukan eksplorasi selama dua tahun.

“Kami bisa mengetahui secara pasti kandungan logam mulia setelah dua tahun eksplorasi, sekaligus menyimpulkan aktivitas penambangan ini kelak membawa keuntungan atau tidak,” kata Kadis Energi Sumber Daya Mineral Maluku Bram Tomassoa di Ambon, Jumat (24/12).

Nilai investasi dalam bidang penambangan tersebut cukup besar. Pengusaha yang akan menanamkan modalnya harus melakukan penelitian secara teliti serta cermat.

Itu dilakukan PT Germala Borneo Utama sejak pertengahan Juli 2010. Kandungan emas di Pulau Romang ini sudah pernah diteliti oleh PT Muswell Brook Mining yang bekerja sama dengan PT Asthon Mining antara 1982-1992.

Namun, karena tidak ada kelanjutannya, tidak diketahui besaran kandungan deposit emas atau perak di pulau penghasil madu tersebut. PT GBU kembali melakukan eksplorasi di daerah tersebut, setelah mendapat rekomendasi Gubernur Maluku dan Pemkab MBD dalam membebaskan areal penambangan.

“Bila hasil eksplorasinya menunjukkan deposit emas cukup besar dan menjanjikan, maka mereka akan melanjutkan program penambangan emas untuk beberapa tahun ke depan,” katanya. (Ant/OL-5)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s