Pemkab Cirebon Sambut Baik Wacana Pemda Kelola Jalan Nasional

CIREBON: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon menyambut baik usulan, agar pemerintah pusat menyerahkan pengelolaan jalan nasional kepada pemerintah daerah.  Dengan ini diharapkan jalan di daerah akan lebih baik.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Cirebon, Dedi Supardi, usai memimpin apel gelar pasukan operasi lilin lodaya di Lapangan Ranggajati, Cirebon, Jawa Barat, Kamis (23/12).

“Kalau memang pemerintah pusat akan menyerahkan pengelolaan jalan ke daerah, kami tentu menyambut baik,” katanya.

Dijelaskan Dedi, akan lebih efektif jika pengelolaan jalan dilakukan pemerintah di tingkat kota dan kabupaten. Karena menurutnya pemerintah daerah lah yang mengerti dimana kerusakan jalan itu terjadi. “Bahkan kamilah yang pertama diprotes jika terjadi kerusakan jalan di daerah,” katanya.

Berdasarkan pantauan, hingga kini kerusakan jalan masih terjadi di Kabupaten Cirebon. Kerusakan jalan, antara lain, terjadi di ruas jalan Ciledug-Sindanglaut sepanjang lebih kurang 10 kilometer.

Jalan terlihat berlubang dan aspalnya pun mengelupas. Kerusakan jalan ini terjadi akibat aktivitas truk pengangkut pasir saat pembuatan jalan tol Kanci-Pejagan. “Memang jalan ini pernah diperbaiki, tapi rusak lagi karena sifatnya hanya tambal sulam,” kata Maman, warga Sindanglaut.

Di musim hujan seperti sekarang ini, jalan yang berlubang seringkali tergenang air sehingga pengendara kendaraan, khususnya motor seringkali terjebak di lubang yang berisi air tersebut. “Kalau mau diperbaiki, tolong yang tuntas. Jangan tambal sulam biar tidak cepat rusak,” katanya. (OL)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s