Palembang Contoh Drainase Bangkok

PALEMBANG–MICOM: Pemerintah Kota Palembang akan mencontoh pengaturan drainase dari Bangkok, Thailand, karena saluran air di kota itu telah berjalan baik.

Kepala Dinas PU Bina Marga dan PSDA setempat Kira Tarigan di Palembang, Rabu (22/12), mengatakan Bangkok mengatur drainase, khususnya anak Sungai Caophraya, secara optimal. Setiap anak sungai menggunakan sistem pompanisasi, sehingga sirkulasi air berjalan baik.

Menurut dia, kondisi Bangkok dan Palembang tidak jauh berbeda, karena memiliki puluhan anak sungai dan mayoritas lahan rawa. Setiap anak sungai memiliki sistem pompanisasi untuk mengatasi masalah genangan air sehingga dapat mengurangi atau memperkecil banjir.

Di Bangkok, rawa pun dikelola dengan baik, sehingga berfungsi optimal sebagai daerah resapan air. Dengan mencontoh pengelolaan drainase dan rawa di Bangkok, pihaknya optimistis masalah banjir di Palembang dapat diatasi.

Permasalahan banjir di Kota Palembang sering terjadi, terutama ketika hujan lebat cukup lama disertai air pasang naik. Pemerintah setempat selalu berupaya agar dapat mengatasinya, termasuk melakukan kunjungan ke Bangkok tersebut. (Ant/OL-5)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s