Sultra Cetak Sawah Baru 800 Hektare

KENDARI–MICOM: Program pencetakan sawan baru di Sulawesi tenggara (Sultra) tahun 2010 seluas 800 hektare, semua telah rampung yang tersebar di 10 kabupaten/kota di Sultra.

“Program pencetakan sawah seluas 800 hektare yang dibiayai pusat selama 2010 sudah rampung dan tersebar di 10 daerah di Sultra,” kata Kepala Dinas Pertanian (Distan) Sultra, Mansyur, di Kendari, Selasa (21/12).

Katanya, dari 12 kabupaten/kota di Sultra, hanya dua daerah yang tidak mendapatkan program pencetakan sawah baru tersebut, yakni Kabupaten Bombana dan Kabupaten Wakatobi.

“Alasan kedua daerah itu tidak mendapat program pencetakan sawah 2010, karena berdasarkan hasil pantauan pada 2009 lalu, kedua daerah itu tidak maksimal mengembangkan areal sawahnya,” katanya.

Menurutnya, luas bantuan pencetakan sawah di setiap kabupaten berbeda. Enam daerah, yakni Kota Kendari, Kabupaten Kolaka Utara, Kabupaten Konawe Utara, Kabupaten Konawe selatan, Kabupaten Kolaka dan Kabupaten Buton, masing-masing mendapat bantuan 100 hektare pencetakan sawah baru.

“Sedangkan Kabupaten Buton Utara, Kabupaten Konawe, Kabupaten Muna dan Kota Baubau mendapatkan 50 hektare,” katanya.

Untuk rincian anggaran pencetakan sawah setiap hektare sebesar Rp7,5 juta, tetapi tidak semuanya untuk kegiatan fisik karena Rp7,5 juta itu selain fisik juga mencakup bibit dan pupuk. (Ant/OL-3)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s