BPK Kaji Sumber Penerimaan Negara

JAKARTA: Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI saat ini sedang mengkaji sumber-sumber penerimaan negara untuk kemudian diuji nominalnya sebagai langkah optimalisasi jumlah penerimaan negara.

Ketua BPK Hadi Poernomo mengatakan pihaknya akan mempelajari sumber penerimaan negara dalam APBN mulai dari penerimaan migas, PNBP, cukai, pajak hingga dari pembiayaan seperti SUN dan SBN.

“Kita adakan penelitian, kita adakan pengujian penerimaannya. Namanya audit kinerja (performance audit) untuk menguji apakah pemungutannya itu telah efisien, efektif dan ekonomis,” katanya di sela-sela acara penandatanganan MoU akses data berbasis internet antara BPK dengan Kementerian Hukum dan HAM, Komnas HAM, dan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) hari ini.

Hadi mengatakan BPK selanjutnya akan membuat kesimpulan atau mengeluarkan pendapat BPK dari hasil kajian itu.

”Nanti BPK akan membuat kesimpulan atau pendapat di luar official statement BPK yang ada selama ini (WTP dan sebagainya),” katanya.

Seperti diketahui, selama ini BPK hanya memberikan pendapat dari hasil pemeriksaan laporan keuangan Kementerian/Lembaga berupa empat jenis opini yakni Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), Wajar Dengan Pengecualian (WDP), Tidak Menyatakan Pendapat (TMP) dan Tidak Wajar (TW).

“Sekarang yang kita lakukan itu audit terkait kewajaran dalam cara pencatatannya. Setelah itu kita akan menguji dengan cara audit kinerja atau performance audit,” katanya.(api)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s