50 Keluarga dari Jawa Transmigrasi ke Muna

KENDARI–MICOM: Sebanyak 50 keluarga warga transmigrasi asal Pulau Jawa ditempatkan di unit pemukiman transmigrasi (UPT) Tondasi Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Ke-50 kepala keluarga dari dua provinsi (Banten dan Jawa Barat) merupakan program Dirjen Pembinaan, Penyiapan, dan Permukiman Kementerian Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi tahun 2010. Kadis Nakertran Provinsi Sultra A Zainal Abidin Baedawai di Kendari, Selasa (21/12), mengatakan, ke 50 kepala keluarga warga ransmigrasi itu telah tiba di lokasi UPT sejak sepekan terakhir.

“Warga transmigrasi itu dijemput Kadis Nakertrans Kabupaten Muna setelah menggunakan kapal laut milik PT Pelni (KM Sinabung) dari pelabuhan Tanjung Priok Jakarta ke Pelabuhan Murhum Kota Baubau,” katanya.

Menurut Zainal Abidin, sebelumnya sebanyak 25 keluarga warga transmigrasi asal Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) juga lebih awal tiba di lokasi UPT Tondasi Kecamatan Tiworo Utara, Kabupaten Muna. Warga transmigrasi dari luar daerah itu selain mendapat fasilitas rumah layak huni juga akan mendapat jaminan hidup
selama satu tahun dan lahan usaha satu dan dua seluas dua hektare.

Pemerintah juga memberikan bantuan berupa sarana pertanian seperti cangkul, sekopang, parang, pupuk tanaman, dan bibit sesuai dengan yang diprogramkan. “Harapan pemerintah dan masyarakat Sultra bahwa dengan kedatangan penduduk warga dari pulau Jawa dan NTB itu akan memberi kemajuan bagi daerah,” katanya. (Ant/OL-5)

One response to “50 Keluarga dari Jawa Transmigrasi ke Muna

  1. progam ini memang bagus, tp apa emank trans lokal wajib membayar administrasi sebanyak Rp 500.000 sampai dengan 3.500.000………? sedangkan trans lokal masuk kedaerah trans mereka tdk datang begitu saja tapi mereka mempunyai lahan sendiri, di mana lahan itu tempat berdirinya rumah tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s