DPRD Anambas Hearing dengan LSM

ANAMBAS- Sebanyak 8 lembaga swadaya masyarakat (LSM) seperti OKP dan Ormas yang ada di Kabupaten Kepulauan Anambas menggelar hearing bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Anamnas. Hearing tersebut membahas sekaligus mempertegas beberapa persoalan terutama isu bagi-bagi proyek.

 

Selain membahas isu pembagian proyek yang diduga melibatkan anggota dewan, Setidaknya masih ada 4 hal yang disampaikan LSM tersebut kepada DPRD, salah satunya yakni tentang peneriman CPNS di Kabupaten Anambas dalam waktu dekat.

 

Hadir dalam hearing tersebut antara lain, Wakil Ketua I DPRD Anambas, Muhamad Dai, Wakil Ketua II, H Nur Adanan Nala, Ketua Komisi I Soetomo, serta Wakil Ketua Komisi III Indrayana.

 

Dalam Hearing tersebut para wakil sejumlah unsur di DPRD Anambas membantah tudingan bahwa mereka yang memenangi proyek PL dan PML dibawah Rp100 juta milik Pemerintah Kabupaten Anambas.

 

Indra, salah seorang kelompok Ormas mengatakan kedatangannya bersama sejumlah rekan ke kantor DPRD untuk melakukan hearing sekaligus untuk menyerahkan pernyataan sikap forum komunikasi LSM, Ormas dan OKP Kabupaten kepulauan Anambas, yang telah ditanda tangani.

 

“Ada empat poin yang disampaikan dalam pernyataan sikap tersebut, diantaranya, meminta dengan tegas kepada DPRD untuk memperjuangkan Putra/putri asli Anambas untuk diangkat maupun diterima menjadi Pegawai Negeri Sipil di Pemerintahan Kabupaten Kepulauaan Anambas,” ujar Indra, ditemui usai hearing, Rabu (27/10).

 

Poin lainnya yakni, mendesak DPRD untuk mengecek kebenaran di Dinas Perkerjaan Umum (PU) menyangkut dugaan tentang pembagian proyek di dinas bersangkutan yang mengatasnamakan DPRD maupun Bupati.

 

Selanjutnya, kata Indra, mendesak DPRD untuk untuk segera menyelesaikan pembagian jatah minyak solar kepada nelayan yang tidak sesuai dengan kebutuhan. Dan poin terakhir, meminta kepada DPRD untuk dapat membantu memperjuangkan aspirasi lembaga ataupun organisasi yang jelas melakukan program kerja dalam membantu mengembangkan potensi daerah.

 

Indra mengungkapkan hal yang urgen adalah isu menyangkut dugaan mayoritas anggota DPRD mendapat proyek dari pemerintah. “Hal itu yang dipertanyakan kebenarannya,” sebut Indra.

 

Dikatakan, pihaknya telah mendapatkan jawaban atas persoalan terbut. Bahwa DPRD segera memanggil dinas terkait (Dinas PU) menyusul polemik paket Proyek PL dan PML senilai Rp100 juta tersebut.

 

“Ini menyangkut  Marwah DPRD itu sendiri. Jangan sampai namanya dicatut sehingga merugikan pencitraannya.” tandas Indra.

 

Selain masalah proyek, indra juga mengingatkan kepda DPRD terkait masalah pemerimaan CPNS di Kabupaten Anambas.

 

“Kita meminta agar putra-putri daerah benar-benar diperhatikan,

sehingga mereka memiliki kesempatan untuk berkarya di rumah sendiri, Apalagi yang tamatan SMU,” katanya lagi.

 

Bagi-Bagi Proyek Tidak Benar

 

Wakil Ketua I DPRD kabupaten Anambas ,Muhamad Dai usai bertemu dengan LSM, OKP dan Ormas yang ada di Kabupaten Kepulauan Anambas dengan Tegas membatah tudingan yang memojokkan DPRD Anambas.  Dia meminta terkait terkait untuk transpran dan tidak melempar bola panas ke DPRD.

 

“Kami bukan membela diri, namun isu bagi-bagi proyek di DPRD tersebut memang

tidak benar,” katanya.

 

Dai juga kecewa namanya dan segenap pimpinan DPRD lain serta anggota DPRD dituding memenangkan telah menangkan proyek dan membagi-bagikannya ke konstituen.

 

“Saya pribadi tidak pernah menelpon PU untuk meminta proyek,” jelasnya.

 

Politisi PAN ini mengakui bahwa DPRD telah menyurati Bupati terkait dengan hal

tersebut. Bahkan kata Dai setelah kepulangan Kepala Dinas PU Marbawi, pihaknya akan langsung memanggilnya untuk melaksanakan hearing.

 

“Kepala Dinas PU pulang kita langsung panggil untuk hearing agar persolan ini benar-benar jelas, dan transparan serta tidak ada yang ditutup-tutupi,” sampainya.(sm/yd)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s