Cuaca Buruk Bikin Nelayan kian Menderita

CILACAP–MICOM:Cuaca buruk yang terjadi sepanjang 2010 mengakibatkan nasib nelayan di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, kian menderita. Mereka mulai mempertimbangkan meninggalkan profesi nelayan dengan menjual perahu dan kapal.

Menurut Ketua Koperasi Unit Desa (KUD) Mino Saroyo Cilacap Untung Jayanto, selama 2010 produksi tangkapan di perairan Cilacap mengalami penurunan signifikan.

“Pada 2009 jumlah transaksi ikan di tempat pelelangan ikan (TPI) yang masuk ke KUD Mino Saroyo mencapai nilai Rp40 miliar. Tetapi, tahun ini sampai pertengahan Desember nilai transaksi hanya sekitar Rp20 miliar. Jadi mengalami penurunan hingga 50 persen. Kondisi ini akibat dampak cuaca buruk yang menyebabkan paceklik sepanjang 2010,” kata Untung, Selasa (21/12).

Cuaca buruk, ujarnya, juga membuat para nelayan gamang atas profesi yang mereka jalankan selama ini, karena sepanjang tahun memang tidak menikmati panen ikan.

“Sebagian besar dari sekitar 33 ribu nelayan di sepanjang Pantai Cilacap mengeluhkan kondisi laut yang tidak lagi menjanjikan. Bahkan sebagian nelayan malah mau menjual kapalnya. Sebab, sepertinya tidak ada harapan lagi,” katanya.

Bahkan, lanjut Untung, dirinya juga tengah menawarkan kapal miliknya kepada pembeli. “Saya juga akan menjual kapal dengan bobot masing-masing 20 grosston (GT). Harganya hanya Rp200 juta setiap unitnya. Ini saya jual murah, namun masih belum ada yang beli,” ujarnya.

KUD, kata Untung, juga akan menjual aset kapal yang dimiliki. Ada tiga kapal dengan berat 80 GT yang akan dijual dengan harga Rp1,5 miliar. “Harga ini kami banting, karena pada saat beli tahun 2002 silam harganya Rp3,5 miliar,?tambahnya.

Sementara Ketua Rukun Nelayan Pelabuhan Perikanan Samudra Cilacap (PPSC) Sri Gito membenarkan banyak nelayan anggotanya yang akan menjual kapal karena mereka tidak dapat mengoperasikan kapal secara optimal akibat cuaca buruk sepanjang tahun. (OL-01)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s