BI Adakan Kas Keliling Serap Uang Lusuh

AMBON–MICOM: Bank Indonesia (BI) Ambon akan mengadakan kas keliling di dalam kota selama empat hari, 20 – 23 Desember, untuk menyerap uang lusuh dari masyarakat.

“Menjelang perayaan Natal tahun ini kami akan adakan kas keliling, mulai H-5 hingga H-2, dengan sasaran masyarakat di pusat-pusat keramaian, baik pasar tradisional, pertokoan dan perkantoran,” kata Pemimpin Bank Indonesia (PBI) Ambon, Achmad Bunyamin di Ambon, Jumat (18/12).

Menurut dia, kegiatan itu hanya dilaksanakan di Kota Ambon karena wilayah lainnya di Maluku sudah dilayani pada bulan lalu. “Kas keliling ke luar kota tidak sesering di dalam kota karena kegiatan itu membutuhkan beberapa personil, baik staf maupun satpam. Kalau personil ke luar kota maka kami di sini kekurangan tenaga,” katanya.

Berdasarkan data BI Ambon per 15 Desember, banyaknya uang lusuh yang terserap dari masyarakat melalui penukaran di kas keliling sebesar Rp9,17 miliar, terdiri dari Januari Rp708 juta, Februari Rp500 juta, Maret Rp574 juta, April Rp637 juta, Mei Rp537 juta, Juni Rp436 juta, Juli Rp340 juta, Agustus Rp900 juta, September Rp1,545 miliar, Oktober Rp2 miliar dan Nopember Rp998 juta. Uang-uang baru yang ditukarkan BI Ambon itu selain berasal dari persediaan kasnya, juga merupakan remise masuk dari BI Makassar.

Achmad Bunyamin menjelaskan, hingga akhir Desember tahun ini remise masuk dari BI Makassar ditargetkan sebanyak enam kali. Lima diantaranya telah diterima pada Apri, Juni, Juli, Agustus dan Nopember. Sedangkan remise terakhir direncanakan akan masuk menjelang Natal yakni pada 22 Desember.

“Untuk 2010, remise masuk terakhir pekan depan sebesar Rp472,7 miliar, terdiri dari Rp200 miliar pecahan Rp100 ribu, Rp270 miliar pecahan Rp50 ribu, Rp1,6 miliar pecahan Rp2.000, Rp500 juta uang logam Rp1.000 dan Rp600 juta uang logam Rp500,” katanya.

Humas BI Ambon, Edy Kristianto yang mendampingi pimpinannya mengatakan, remise masuk pada April sebesar Rp18,7 miliar. Selanjutnya menjelang libur sekolah dan kegiatan internasional Sail Banda, kiriman uang yang diterima BI Ambon pada Juni sebesar Rp Rp267,54 miliar.

Sementara menjelang Lebaran Idul Fitri 1431 Hijriah lalu, remise masuk pada Juli sebesar Rp347,33 miliar, Agustus Rp275,67 miliar dan memasuki Desember Rp395,54 miliar.

“Untuk persiapan Natal, sejak Nopember sudah ada remise masuk karena sejumlah bank yang punya cabang di daerah-daerah mulai menarik simpanan untuk dikirimkan, di antaranya Bank Maluku dan BRI yang paling tinggi penarikannya,” kata Edy Kristianto. (Ant/sa/OL-05)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s