Petani Tebu di Bali Rugi Rp5,4 Triliun

DENPASAR–MICOM:Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia menyatakan para petani tebu mengalami kerugian sebesar Rp5,4 triliun akibat cuaca buruk yang terjadi selama 2010.

“Kerugian itu akibat para petani tebu kehilangan produksi gula sebesar 40 persen karena cuaca buruk yang mengakibatkan kapasitas produksi menurun,” kata Ketua Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) Abdul Wahid seusai pembukaan musyawarah nasional asosiasi ini di Denpasar, Jumat (17/12).

Ia menjelaskan kerugian itu berdasarkan penghitungan jumlah kehilangan produksi gula sebesar 40 persen dikalikan dengan harga gula di pasaran saat ini Rp9.000 per kilogram. Kehilangan produksi akibat penurunan produksi selama 2010 jika dibandingkan dengan 2009.

Pada 2010 produksi hanya sekitar 2,25 juta ton, padahal pada 2009 produksi gula sebanyak 2,8 juta ton, sehingga diperkirakan terjadi kehilangan sekitar 600.000 ton. “Berdasarkan penghitungan kami jika jumlah kehilangan produksi gula sebesar 600.000 ton dikalikan dengan harga gula Rp9.000 per kilogram, maka perkiraan kerugian sebesar Rp5,4 trilun,” ujarnya.

Karena itu, kata Wahid, dalam musyawarah nasional III akan dibahas penentuan program guna mengatasi kondisi tersebut dan mengarahkan agar kesejahteraan para petani lebih meningkat di masa mendatang. Selain mengakibatkan kerugian, cuaca buruk juga mengakibatkan menurunnya rendemen atau persentase proses tebu menjadi gula yang saat ini menjadi 4,5-5 persen padahal sebelumnya bisa mencapai delapan persen.

Wakil Menteri Pertanian Republik Indonesia Bayu Krisna Murti mengakui jika pada tahun 2010 adalah masa yang buruk akibat cuaca buruk, akibatnya kualitas gula pun basah dan mengakibatkan penurunan produksi. “Karena itu tahun 2011 nanti para petani dan pemerintah harus bersiap untuk mengatasi kondisi tersebut dengan menyiapkan strategi,” kata Bayu. (Ant/OL-04)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s