Anggaran Pemilu Kada Sulbar tidak Rasional

MAMUJU–MICOM: Anggota DPRD Sulawesi Barat (Sulbar) Ajbar Abdul Kadir menilai usul anggaran pemilu kada Sulbar 2011 yang diajukan KPU setempat sebesar Rp76 miliar tidak rasional sehingga ditolak dewan.

Abdul Kadir mengatakan di Mamuju, Jumat (17/12) jumlah itu terlalu besar dibandingkan kebutuhannya dan terlalu membebani keuangan daerah. “Pemprov dan DPRD Sulbar dengan tegas menolak usul anggaran pilkada dari KPU Sulbar tersebut karena terlalu besar dan akan membebani APBD 2011,” kata legislator Partai Bintang Reformasi itu.

Karenanya, kata dia, dalam pembahasan APBD Sulbar tahun 2011, pemerintah dan DPRD Sulbar tidak akan menyepakati usulan anggaran pemilu kada KPU Sulbar itu apalagi jumlah anggaran pilkada Sulbar sebelumnya telah diatur dalam nota keuangan APBD Sulbar tahun 2011.

“Anggaran pemilu kada Sulbar dalam nota keuangan APBD Sulbar tahun 2011 telah ditetapkan dewan sebelumnya sekitar Rp42 miliar, jumlah itu tidak akan berubah, sampai APBD Sulbar tahun 2011 akan ditetapkan menjadi peraturan daerah,” katanya.

Irfan Kamil, anggota DPRD Sulbar lainnya justru mengatakan anggaran yang direncanakan akan dialokasikan pemerintah dan DPRD Sulbar untuk pelaksanaan pemilu kada sesuai dalam nota keuangan APBD Sulbar sekitar Rp42 miliar, itu juga sudah sangat besar.

“Anggaran pemilu kada Sulbar dalam nota keuangan APBD Sulbar, seharusnya hanya sekitar Rp27 miliar saja berdasarkan perbandingan dengan daerah lain, jadi KPU Sulbar tidak usah minta lebih dari pada anggaran pilkada yang ada dalam nota keuangan APBD Sulbar tahun 2011 itu,” katanya.

Menurutnya, di Provinsi Sulawesi Selatan hanya menghabiskan anggaran sekitar Rp45 miliar untuk melaksanakan pemilu kada padahal penduduknya lebih banyak dari Sulbar, sehingga wajarlah anggaran pemilu kada Sulbar hanya sekitar Rp27 miliar saja karena penduduk Sulsel lebih banyak tujuh kali lipat dari penduduk Sulbar yang hanya satu juta orang. (Ant/OL-04)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s