Renovasi Rumah Dinas Gubernur Riau Telan Rp6 Miliar

Ditengah kesulitan rakyat terhadap biaya hidup yang semakin mencekik, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau terus menikmati kemewahan. Seperti pengalokasian anggaran renovasi rumah dinas Gubernur Riau Rusli Zainal pada 2010 yang mencapai Rp6 miliar.

“Rumah dinas yang semewah itu masih saja direnovasi. Itu jelas tidak efisien. Lebih baik dana itu dikucurkan bagi program jamkesmas, jaminan social, atau program perbaikan hidup rakyat miskin di Riau,” ungkap Koordinator Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) Riau Fahriza kepada Media Indonesia, Jumat (10/12).

Ia menegaskan pihaknya menolak sekaligus mengecam pemborosan anggaran yang dilakukan oleh Pemprov Riau. Pasalnya penganggaran dana renovasi rumah yang rutin tiap tahun dilaksanakan itu tidak sesuai dengan azaz kepatutan yang diatur dalam Permendagri No.37/2010.

“Renovasi rumah semahal itu adalah pemborosan dan tidak efisien serta efektif. Kami minta BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) untuk melakukan audit investigative terhadap penggunaan dana tersebut,” ujar Fahriza.

Ia menuding besar kemungkinan penggunaan dana renovasi rumah dinas Rp6 miliar itu disalahgunakan. “Sama seperti dana-dana lainnya, sangat mungkin terjadi penyimpangan. Makanya BPK harus memeriksa secara menyeluruh,” ujar Fahriza.

Selain merenovasi rumah dinas Gubernur Riau, untuk 2011 Pemprov Riau juga menganggarkan Rp3 miliar untuk renovasi rumah Wakil Gubernur Riau Mambang Mit. Jumlah anggaran tersebut tergolong sangat fantastis.

Pasalnya fasilitas rumah dinas mewah bagi orang nomor satu di Riau itu masih dalam kondisi yang sangat baik. Belum lagi alokasi anggaran tersebut mengalahkan nilai anggaran bagi satuan kerja (satker) dan dinas-dinas lainnya yang berkisar Rp5 miliar.

Kepala Biro Humas Pemprov Riau Chairul Riski membenarkan pengalokasian anggaran renovasi rumah dinas Gubernur Riau tersebut. Menurutnya pengusulan anggaran itu telah sesuai dengan prosedur dan ditangani oleh satuan teknis terkait yaitu Biro Perlengkapan Pemprov Riau. “Kalau soal teknisnya saya tak tahu jelas. Mungkin Biro Perlengkapan yang dapat memberi penjelasan,” ucap Riski.

Ia juga mengaku tidak mengetahui detail pelaksanaan proyek renovasi rumah dinas gubernur yang sedang dikerjakan saat ini. “Setahu saya yang 2010 memang sedang dikerjakan. Dan untuk 2010 sedang diusulkan,” ujarnya ringkas. (RK/OL-04)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s