Ratusan Kilometer Jalan Provinsi di Sulsel Rusak

Kondisi jalan provinsi di Sulawesi Selatan yang mengalami kerusakan, hingga saat ini mencapai 320 kilometer.

Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, di Makassar, Sabtu (11/12) mengatakan dari kerusakan jalan sepanjang 320 kilometer di wilayah Sulsel tersebut, sebagian besar dikarenakan akibat kondisi cuaca.

Selain itu, kata dia, minimnya perawatan jalan juga semakin membuat kerusakan jalan provinsi yang terletak di beberapa kabupaten menjadi bertambah parah. “Beberapa jalan provinsi yang mengalami kerusakan yang cukup parah adalah di sekitar wilayah kabupaten Bantaeng, kabupaten Bone, kabupaten Wajo, dan lainnya,” terangnya.

Menurut dia, untuk melakukan perbaikan terhadao seluruh jalan provinsi tersebut, diperlukan biaya yang sangat besar. Hingga saat ini, dari 320 kilometer jalan provinsi yang mengalami kerusakan, anggaran Pemerintah Provinsi hanya mampu untuk melakukan perbaikan jalan sepanjang 48 kilometer.

“Porsi anggaran yang dimiliki Pemprov hanya bisa untuk memperbaiki sebagian kecil kerusakan jalan, sehingga perbaikan secara keseluruhan dilakukan secara bertahap,” imbuhnya.

Jika hanya mengandalkan alokasi dana dari APBD dan APBN semata, maka perbaikan kerusakan jalan provinsi akan sulit untuk dilakukan secara keseluruhan dalam waktu yang cepat.  Karena itu, lanjutnya, selain mengandalkan alokasi APBD dan APBN, Pemprov Sulsel juga sangat berharap pada dana obligasi.

“Infrastruktur jalan di Sulsel sangat penting untuk menunjang aktivitas masyarakat di berbagai sektor, seperti perekonomian, pertanian, dan sebagainya, sehingga perlu mendapatkan perhatian khusus,” tandasnya. (Ant/OL-04)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s