Batam Butuh 7.000 PNS

Jumlah pegawai negeri sipil di Batam Provinsi Kepulauan Riau untuk melayani 1,2 juta orang penduduk idealnya 7.000 orang.

“Jumlah itu dengan catatan tidak ada penambahan satuan kerja perangkat daerah, sekolah maupun pelayanan kesehatan seperti puskesmas,” kata Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan di sela-sela tes CPNS Pemkot Batam tahun 2010, Sabtu (11/12).

Dia mengatakan jumlah PNS di Batam saat ini tercatat sebanyak 5.556 orang, gabungan dari tenaga teknis, guru dan tenaga kesehatan. “Pemkot Batam senantiasa berusaha untuk mencapai jumlah ideal  dengan tes penerimaan CPNS untuk seluruh kalangan masyarakat setiap tahun,” kata dia.

Dia mengatakan setiap tahun animo warga untuk menjadi PNS sangat tinggi, dan menunjukkan bahwa profesi ini masih menjadi dambaan utama sebagian kalangan. Pelaksanaan tes CPNS pada tahun 2010 diselenggarakan di dua tempat yakni Universitas Riau Kepulauan bagi formasi teknis dan Sekolah Harapan Utama bagi formasi guru dan kesehatan. “Tes di kampus akan lebih memudahkan pengaturan, tidak seperti penyelenggaraan di gedung olahraga atau pun stadion,” kata dia.

Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Kota Batam, Firmansyah mengatakan pembuatan soal dan koreksi hasil tes dilakukan oleh kalangan akademis yakni Universitas Indonesia. “Soal tes CPNS baru kita terima dari Pemprov Kepulauan Riau pada Jumat, 10 Desember 2010,” kata dia.

Dia mengatakan soal tes CPNS usai diterima dari Pemprov Kepri langsung dijaga oleh Satuan Polisi Pamong Praja Kota Batam dan kepolisian.

Sebanyak 6.206 pelamar calon pegawai negeri sipil mengikuti tes CPNS Kota Batam dengan komposisi peserta tes sebanyak 3.362 orang formasi teknis, 1.679 orang untuk formasi guru dan 1.165 orang untuk formasi kesehatan. Sedangkan untuk formasi yang diterima dalam penerimaan CPNS Kota Batam tahun 2010 hanya 321 formasi terdiri dari 98 lowongan formasi teknis, 111 formasi tenaga kesehatan dan 112 formasi guru. (Ant/OL-04)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s