Perangkat Desa Desak Agar Bupati Jember Segera Diaktifkan

TEMPO InteraktifJEMBER -Ratusan pejabat desa di Kabupaten Jember, Jawa Timur tadi pagi berunjuk rasa untuk menuntut Menteri Dalam Negeri dan Gubernur Jawa Timur segera mengaktifkan kembali Bupati Jember, MZA Djalal, sebagai bupati.

Unjuk rasa yang digalang Asosiasi Kepala Desa (AKD) Jember di alun-alun Jember ini dilakukan setelah majelis hakim Pengadilan Negeri Surabaya pada Kamis (2/12) lalu membebaskan MZA Djalan dari dakwaan pekara korupsi. Dengan vonis itu, AKD minta pemerintah segera membuat Surat Keputusan pengaktifan kembali MZA Djalal sebagai bupati. “Agar pembahasan RAPBD Jember lancar,”kata ketua AKD Jember, Suyitno.

Setelah menggelar orasi dan memasang puluhan spanduk berisi dukungan kepada Djalal, sebagian pengunjuk rasa itu mendatangi kantor DPRD Jember. Di tempa ini, mereka juga mendesak agar Dewan mendukung pencabutan kembali SK Menteri Dalam Ngeri yang sebelumnya memberhentikan Djalal sebagai bupati Jember.

Wakil ketua DPRD Jember, Lukman Winarno mengatakan, DPRD sudah mengirimkan surat resmi kepada Mendagri dan Gubernur Jatim terkait putusan bebas Djalal. “Tetapi sudah seminggu ini belum ada balasan resmi. Prinsipnya kami sepakat dengan tuntutan AKD, karena kami juga ingin APBD Jember 2011 segera selesai,” katanya.

Sebelumhya, pada 22 November lalu, para perangkat desa itu menggelar aksi serupa. Saat itu mereka menolak Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri yang menonaktifkan Bupati dan Wakil Bupati Jember dan Wakil Bupati Jember. MZA DJalal dan Kusen Andalas (wakil bupati) diberhentikan sementara oleh Mendagri karena keduanya tersangkut kasus korupsi dan harus menghadapi proses hukum di pengadilan.

Iklan

2 responses to “Perangkat Desa Desak Agar Bupati Jember Segera Diaktifkan

  1. wah…maksi nech info2 nya…mank rakyat kecil mendambahkan pemimpin yang berjiwa besar, adil jg jujur…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s