Menteri: Pengelolaan Profesi Akuntan oleh Asosiasi Secara Bertahap

TEMPO InteraktifJakarta – Menteri Keuangan Agus Martowardojo meminta para akuntan berprasangka baik kepada pemerintah terkait proses pembahasan Rancangan Undang-Undang Akuntan Publik yang sedang berlangsung di Dewan Perwakilan Rakyat.

“Saya mohon profesi akuntan berprasangka baik kepada pemerintah. Sebenarnya nantinya pasti pengelolaan profesi akan kita serahkan sepenuhnya kepada asosiasi profesi, namun Indonesia masih membutuhkan tahapan. Oleh sebab itulah masih ada kontrol pemerintah di dalam konsil yang akan dibentuk,” ujar Agus Martowardojo dalam pidatonya di Kongres XI Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) yang dilaksanakan di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta Rabu (8/12).

Sebelumnya asosiasi profesi akuntan banyak diberitakan menolak beberapa substansi RUU Akuntan Publik dan salah satu tuntutan profesi akuntan publik adalah dengan dibentuknya konsil yang independen sebagai badan regulator profesi akuntan publik.

“Negara memahami pentingnya profesi akuntan untuk pengembangan perekonomian negara ini. Apalagi jumlah akuntan publik kita sangat kurang dibandingkan dengan negara tetangga seperti Malaysia. Kita ingin profesi akuntan berkembang dan menjadi profesi yang bermartabat. Negara siap memfasilitasi dengan memberikan landasan hukum profesi ini sehingga profesi akuntan akan lebih kuat,” ujar Menteri Keuangan.

Menteri Keuangan juga menyinggung proses penyusunan RUU Pelaporan Keuangan. “Kami juga sedang menyusun RUU Pelaporan Keuangan yang memiliki beberapa tujuan yang salah satunya adalah memberikan landasan hukum kepada penyusun standar akuntansi keuangan dan meningkatkan akuntabilitas dan transparansi laporan keuangan.”

Ito Warsito, Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia yang merupakan Ketua Panitia Pelaksana Kongres, menyatakan, “Profesi akuntan berperan menciptakan nilai tambah melalui profesionalisme profesi dalam mendorong kesejahteraan masyarakat melalui governance system yang baik.”

“Keberhasilan pencapaian Good Corporate Governance (GCG) diharapkan akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Pencapaian hal ini akan sangat tergantung pada kemampuan pemerintah menciptakan Good Public Governance dalam mewujudkan iklim yang kondusif bagi pertumbuhan ekonomi. IAI sebagai salah satu pillars of integrity dalam mewujudkan GCG, memiliki komitmen untuk memantapkan peran profesi akuntan secara nasional untuk mendukung upaya ini,” ujarnya.

Kongres XI Ikatan Akuntan Indonesia yang digelar setiap empat tahun sekali ini diikuti  lebih dari seribu akuntan dari seluruh Indonesia. Acara kongres telah diawali dengan peresmian pembukaan Kongres oleh Wakil Presiden Republik Indonesia pada 3 Desember lalu. Kongres akan berlangsung hingga hari Jumat (10/12).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s