Fraksi Demokrat Minta BUMD Diaudit BPK

Fraksi Demokrat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, meminta agar Badan Usaha Milik Daerah diaudit oleh Badan Pemeriksa Keuangan sebelum menetapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah.

Anggota Badan Anggaran DPRD Kabupaten Kulon Progo, Fraksi Demokrat, Agus Sujarwo, di Wates, Rabu (8/12), mengatakan fraksinya tidak mempercayai atas hasil audit yang dilakukan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan, yang dinilainya lebih memihak pemerintah.

Dalam Rapat Kerja antara Badan Anggaran DPRD Kabupaten Kulon Progo dengan Eksekutif, ia mengatakan, BUMD yang harus diaudit yakni PD BPR Bank Pasar, PDAM, Perusahaan Aneka Usaha, PT Selo Adi Karto, dan Koperasi, yang dinilai pengajuan penambahan modal sangat tidak relevan dengan pencapaian pendapatan daerah.

“Kami minta audut BUMD dilakukan oleh BPK bukan BPKP, karena sejauh ini hasil audit BPKP belum maksimal dan cenderung memihak pemerintah sehingga ada indikasi data yang ditampilkan belum maksimal,” katanya.

Ia mencontohkan, Bank Pasar tidak transparan dalam akuntansi kredit TKI, tetapi pemerihtah tetap menaikkan jumlah modal. Padahal selama ini, tidak banyak andil untuk menambah pendapatan daerah.

“Bank Pasar tidak banyak memberikan kontribusi dalam menaikan Pendapatan Asli Daerah, tetapi mengapa pemerintah menaikkan penyertaan modal dari Rp15 miliar menjadi Rp50 miliar. Kenaikan ini akan lebih bagus, kalau Bank Pasar sudah mejadi bank umum konvensional,” katanya.

Sementara itu,Sekretaris Daerah Kabupaten Kulon Progo, Budi Wibowo, mengatakan, siapapun pihak yang mengaudit BUMD tidak ada masalah.

“Kami tidak memasalahkan BUMD di audit oleh BPK, karena awalnya keuangan juga diaudit oleh audit independen juga diganti, menjadi BPKP, jadi siapapun yang mengaudit BUMD di Kulon Progo tidak ada masalah,” katanya. (Ant/rn/OL-11)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s